visitaaponce.com

Gempa Tektonik 4,8 Magnitudo Dirasakan di Banten dan Sekitarnya

Gempa Tektonik 4,8 Magnitudo Dirasakan di Banten dan Sekitarnya
Peta pusat gempa bumi M 4,8 di Banten, Sabtu, 27 April 2024.(Dok. Twitter Info BMKG)

PADA Sabtu, 27 April 2024 pukul 15:27:12 WIB, wilayah Banten dan sekitarnya diguncang gempa bumi tektonik. Hasil analisis BMKG menunjukkan bahwa gempa bumi ini berkekuatan M4,8. Episenter terletak pada koordinat 7.14 LS dan 105.35 BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 58 km BaratDaya Sumur, Banten pada kedalaman 10 km.

"Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas sesar bawah laut," kata Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG, Sabtu (27/4).

Menurut dia, dampak gempa bumi yang digambarkan oleh peta tingkat guncangan (Shakemap) BMKG dan berdasarkan laporan dari masyarakat, gempa bumi ini dirasakan di wilayah Lebak dengan Skala Intensitas III MMI, di Tangerang, Tangerang Selatan, Jakarta Selatan, Bogor dengan Skala Intensitas II - III MMI, di Sukabumi dengan Skala Intensitas II MMI.

Baca juga : Gempa Bumi Tektonik 2,6 Magnitido Dirasakan di Kabupaten Garut

"Namun hingga saat ini belum ada laporan mengenai kerusakan bangunan sebagai dampak gempa bumi tersebut," imbuh dia.

Hingga pukul 16:05 WIB, hasil monitoring BMKG menunjukkan adanya 1 aktivitas gempa bumi susulan yaitu pada pukul 15:47 WIB dengan kekuatan M3.3.

(Z-9)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putri Rosmalia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat