visitaaponce.com

Peringatan Cuaca Ekstrem BMKG 8-9 Mei 2024, Berikut Wilayah-wilayah yang Terimbas

Peringatan Cuaca Ekstrem BMKG 8-9 Mei 2024, Berikut Wilayah-wilayah yang Terimbas
Peringatan cuaca ekstrem BMKG pada 8-9 Mei 2024(MI/Usman Iskandar)

BMKG telah mengeluarkan peringatan dini terkait cuaca ekstrem yang diperkirakan akan melanda sejumlah wilayah Indonesia. Peringatan ini terutama mengingatkan akan potensi hujan lebat, petir, dan angin kencang yang diperkirakan akan terjadi pada Rabu (8/5) dan Kamis (9/5).

Penyebab cuaca ekstrem ini adalah adanya Bibit Siklon Tropis 91P dan 91W yang terpantau di Laut Arafuru dan Samudra Pasifik utara Papua. Kedua bibit siklon tropis ini membentuk daerah perlambatan kecepatan angin (konvergensi) di sekitar wilayah tersebut, yang juga memicu peningkatan kecepatan angin lebih dari 25 knot (low level jet) di Laut Arafuru dan perairan utara Papua.

Sirkulasi siklonik juga terpantau di Selat Malaka, Laut Banda, dan perairan utara Kalimantan Barat, membentuk daerah konvergensi di sekitar Sumatera bagian utara, Kalimantan Barat, hingga Laut Banda. Di samping itu, sirkulasi siklonik ini juga menciptakan daerah pertemuan angin di pesisir barat Sumatera Utara hingga Sumatera Barat, serta Sulawesi Utara hingga Maluku Utara.

Prakiraan BMKG mengenai wilayah yang berpotensi hujan lebat, petir, dan angin kencang pada tanggal 8-9 Mei 2024 adalah sebagai berikut:

Rabu, 8 Mei 2024:

  • Wilayah berpotensi hujan lebat, petir, dan angin kencang: Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Kepulauan Riau, Jambi, Sumatera Selatan, Kepulauan Bangka Belitung, Lampung, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Maluku Utara, Maluku, Papua Barat, Papua.
  • Wilayah berpotensi hujan, petir, dan angin kencang: Banten, Jawa Barat, DKI Jakarta, Jawa Timur, Kalimantan Selatan.
  • Wilayah berpotensi angin kencang: Nusa Tenggara Timur.

Kamis, 9 Mei 2024:

  • Wilayah berpotensi hujan lebat, petir, dan angin kencang: Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Jambi, Sumatera Selatan, Kepulauan Bangka Belitung, Lampung, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, Maluku Utara, Maluku, Papua Barat, Papua.
  • Wilayah berpotensi hujan, petir, dan angin kencang: Kepulauan Riau, Banten, Jawa Barat, DKI Jakarta, Jawa Timur.
  • Wilayah berpotensi angin kencang: Nusa Tenggara Timur. (Z-10)


Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Gana Buana

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat