visitaaponce.com

5 Tips Menghindari Gigitan Nyamuk Aedes Aegypti

5 Tips Menghindari Gigitan Nyamuk Aedes Aegypti
Tips menghindari gigitan nyamuk Aedes aegypti(MI/Widjajadi)

MENGHINDARI gigitan nyamuk Aedes aegypti adalah langkah penting untuk mencegah penyakit demam berdarah dengue (DBD). Menurut data dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes), hingga minggu ke-17 tahun 2024, terjadi peningkatan kasus DBD sebanyak 88.593, naik dari tahun sebelumnya yang mencatat 28.579 kasus.

Dengan peningkatan kasus DBD setiap tahunnya, pencegahan demam berdarah yang umumnya dikenal adalah dengan 3M: Menguras, Menutup, dan Mengubur. Namun, pencegahan utama adalah menghindari gigitan nyamuk Aedes aegypti.

Berikut adalah beberapa tips untuk menghindari gigitan nyamuk Aedes:

Baca juga : Waspada, Anak Usia 5-14 Tahun Terbanyak Kena Demam Berdarah

1. Bersihkan Bak Mandi Sekali Seminggu

Menjaga kebersihan bak mandi sangat penting karena nyamuk betina biasanya bertelur di air yang tergenang di dalamnya. Dengan membersihkan bak mandi secara rutin, siklus hidup nyamuk Aedes aegypti yang berpotensi membawa penyakit dapat dihentikan.

2. Pasang Kelambu di Ranjang

Kelambu sangat membantu karena dapat mencegah nyamuk masuk dan menggigit saat tidur.

3. Gunakan Lotion Anti Nyamuk

Selain kelambu dan menjaga kebersihan bak mandi, menggunakan lotion anti nyamuk juga efektif dalam menghindari gigitan nyamuk Aedes aegypti. Lotion tersebut mengandung N-diethylmetatoluamide (DEET) yang terbukti efektif dalam melindungi dari gigitan nyamuk. Namun, perlu diingat bahwa penggunaan lotion anti nyamuk tidak dianjurkan untuk anak di bawah dua bulan.

Baca juga : Mudik Lebaran Tidak Jadi Penyebab Dominan Peningkatan Kasus DBD

4. Terapkan Pola Makan Sehat

Menjaga pola makan yang sehat dapat membantu menjaga kekebalan tubuh. Menurut penelitian dari Universitas Florida, nyamuk cenderung lebih tertarik pada darah yang memiliki kadar kolesterol tinggi.

5. Hindari Menumpuk dan Menggantung Pakaian Lama

Pakaian yang digantung terlalu lama dapat menjadi tempat tinggal bagi nyamuk dan membawa virus DBD. Selain itu, nyamuk juga tertarik pada aroma tubuh manusia, sehingga disarankan untuk menggantung pakaian dalam tempat yang bersih dan tertutup.

Selain kelima tips di atas, fogging juga dapat dilakukan selama masa pancaroba sebagai upaya tambahan dalam membasmi nyamuk Aedes aegypti. Fogging dapat menjangkau area yang luas dan membantu membasmi jentik-jentik nyamuk. Disarankan untuk melakukan fogging pada pagi hari atau sore hari ketika nyamuk Aedes aegypti sedang aktif.

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Gana Buana

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat