visitaaponce.com

Peningkatan Imunisasi juga Diperlukan untuk Lansia

Peningkatan Imunisasi juga Diperlukan untuk Lansia
Warga lansia di UPTD Griya Wreda Jambangan Surabaya.(Dok. Antara)

PENINGKATAN imunisasi juga diperlukan untuk masyarakat lanjut usia (lansia). Upaya tersebut bisa didorong oleh keluarga terdekatnya dengan mengingatkan dan mengajak anggota keluarga lansia ke puskesmas atau rumah sakit terdekat untuk dilakukan imunisasi.

"Ibu di rumah sangat penting perannya, bukan saja imunisasi pada anak tapi juga pada orang tua dan mertuanya untuk imunisasi seperti influenza, hepatitis A dan B, HPV, pneumokokus, Measles and Rubella (MR), cacar api, dan lainnya. Karena komplikasinya bisa membuat orang tua berbahaya," kata Penasehat Satgas Imunisasi Dewasa PAPDI, dr Samsuridjal Djauzi dalam Pekan Imunisasi Dunia 2024 di Jakarta Selatan, Rabu (15/5).

Menurutnya umur berapa pun harus peduli terhadap imunisasi. Seperti vaksin HPV juga bisa diberikan kepada anak muda dan umur berapapun. Hal itu juga yang disebut life course immunization dengan demikian akan lengkap dan disesuaikan dengan kemampuan.

Baca juga : Program Imunisasi Nasional Rotavirus Dimulai. Ini Manfaatnya bagi Anak

"Influenza, herpes zoster, dan pneumonia jadi vaksin yang penting di berbagai negara. Angka pneumonia berbahaya juga pada orang tua. Kita perlu belajar dari program KB yang mendapat penghargaan karena dukungan dari berbagai pihak dari tokoh agama, media, dan sebagainya. Mungkin bisa ditiru agar kesadaran dibangun sehingga masyarakat bisa menuntut pemerintah untuk menyelenggarakan imunisasi, bukan didorong-dorong tapi ada kesadaran yang tinggi," ujar dia.

Upaya peningkatan imunisasi bisa ditingkatkan jika ada kemudahan mendapatkan vaksin, sehingga cakupan meningkat dengan baik. Penyediaan vaksin dan tempat melaksanakan imunisasi harus banyak, mudah, nyaman, dan terjangkau.

"Bahaya herpes zoster bagi orang tua cukup berbahaya karena meskipun sudah sembuh tapi nyeri tidak hilang bahkan bisa berbulan-bulan maka vaksin herpes zooster untuk orang usia lanjut dari usia 50 tahun, kekebalan tubuh menurun," ungkapnya.

(Z-9)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putri Rosmalia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat