visitaaponce.com

International Scratch Day 2024 Sikapi Perkembangan Teknologi Internet ke Arah Positif

International Scratch Day 2024: Sikapi Perkembangan Teknologi Internet ke Arah Positif
International Scratch Day 2024(Dok.SIT)

SEKOLAH Islam Terpadu (SIT) Darul Abidin menggelar International Scratch Day 2024 yang mengambil tema 'Protect Our Health and The Health of Our Planet', di Aula SIT Darul Abidin, Jum'at, (17/05). Kegiatan ini merupakan agenda tahunan dari scratch foundation merupakan komunitas coding terbesar di dunia untuk anak-anak. Scratch mempromosikan pemikiran komputasi dan keterampilan pemecahan masalah, pembelajaran yang kreatif, ekspresi diri dan kolaborasi.  SIT Darul Abidin merupakan satu-satunya host perwakilan dari Indonesia yang masuk dalam peta kegiatan selebrasi ini bersama dengan 200 negara lainnya di dunia.

Direktur SIT Darul Abidin, Gamal Iskandarsyah Abidin dalam sambutannya mengatakan, saat ini anak-anak yang lahir sudah dihadapi dengan dunia internet dan gadget, maka disebut sebagai anak-anak digital native.

"Darul Abidin menawarkan internet sehat melalui eLearning Darbi dan pembelajaran coding, sehingga anak-anak SIT Darul Abidin bukan hanya sebagai konsumen tetapi juga menjadi produsen dari perkembangan dunia digital. Upaya ini diharapkan bisa membuat anak-anak terhindar dari efek negatif berkembangnya dunia digital saat ini," ungkap Gamal.

Baca juga : Puluhan Ribu Siswa di Depok Berpotensi Putus Sekolah di Usia Wajib Belajar

Wakil Walikota Depok, Imam Budi Hartono mengatakan pihaknya sangat mendukung kreativitas dan inovasi untuk perkembangan anak-anak dan peserta didik yang nantinya menjadi penerus cita-cita bangsa Indonesia.

"Pemerintah Kota Depok selalu mendukung setiap ajang, kegiatan dan program pendidikan yang bisa mengasah kemampuan dan kreativitas siswa-siswi, karena perkembangan dunia digital dan teknologi harus dimanfaatkan untuk hal-hal positif untuk prestasi generasi muda," ujarnya.

Rangkaian acara International Scratch Day 2024 telah berlangsung selama dua pekan terakhir, dengan kegiatan antara lain Infinity Digital Competition yang diselenggarakan untuk sekolah umum yang memperebutkan Piala Wakil Walikota Depok, Science Days Out, dan projek penguatan Profil Pelajar Pancasila. (Z-7)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat