visitaaponce.com

BAZNAS RI Dirikan Dapur Umum di Sejumlah Titik bagi Korban Banjir Bandang Sumbar

BAZNAS RI Dirikan Dapur Umum di Sejumlah Titik bagi Korban Banjir Bandang Sumbar
Dapur umum bagi korban bencana(Dok Baznas)

BAZNAS Amil Zakat Nasional (BAZNAS) RI telah menerjunkan tim BAZNAS Tanggap Bencana (BTB) umtuk membantu korban banjir bandang yang melanada Sumatera Barat (Sumbar). Tim BTB juga telah mendirikan Dapur Umum di sejumlah titik di wilayah tersebut. 

Pimpinan BAZNAS RI Bidang Pendistribusian dan Pendayagunaan Saidah Sakwan MA, mengatakan BAZNAS RI telah melakukan beberapa kegiatan dalam membantu banjir bandang Sumbar dengan mendirikan dapur umum dan menyediakan lebih dari 1000 porsi makanan setiap harinya di beberapa wilayah yaitu Sungai Pua, Kampung Kubu Tengah, Nagari Koto Baru, Koto Tuo.

Selain mendirikan dapur umum, pihaknya juga mengatakan, BAZNAS RI telah melakukan pencarian korban banjir bandang di Sungai Pua serta mendirikan dapur air di Kp. Kubu Tengah, Jorong Galuan, Desa Sungai Pua, Kecamatan Sungai Pua, Kabupaten Agam untuk memastikan kebutuhan air bersih bagi masyarakat setempat.

Baca juga : Baznas Tanggap Bencana Respons Cepat Korban Banjir dan Longsor di Sulsel

"Beberapa aksi yang dilakukan tim BTB untuk membantu korban banjir mulai dari evakuasi, penyediaan layanan dapur air, dapur umum hingga layanan Ruang Ramah BAZNAS di wilayah Sumatera Barat,” ujar Saidah, dalam keterangan tertulis, Sabtu (18/5/2024). 

Sejak banjir terjadi di Sumatera Barat, Saidah melanjutkan, BAZNAS berupaya maksimal untuk melakukan evakuasi warga terdampak banjir.

Sebab menurutnya, bencana banjir bandang di Sumatera Barat ini berdampak terhadap berbagai aspek kehidupan masyarakat. 

Baca juga : Ribuan Rumah Terdampak Banjir dan Tanah Longsor di Pesisir Selatan

“Kami sangat prihatin dengan adanya banjir bandang di Sumatera Barat. Karenannya, BAZNAS terus berupaya mendampingi para korban terdampak agar bisa bersama bangkit dan hidup normal seperti semula," jelasnya.

Sementara itu, Direktur Pendistribusian BAZNAS RI M. Fikri berkomitmen untuk terus mendampingi dan membantu korban banjir bandang di Sumatera Barat hingga situasi benar-benar membaik.

"Dengan langkah cepat yang dilakukan tim BTB dan kolaborasi berbagai pihak, kami berharap kondisi di Sumatera Barat dapat segera pulih dan normal," pungkasnya. (H-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Indrastuti

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat