visitaaponce.com

Seperti Apa Gejala Kanker Melanoma Simak Penjelasannya

Seperti Apa Gejala Kanker Melanoma? Simak Penjelasannya
Melanoma adalah jenis kanker kulit yang berkembang di sel kulit yang disebut melanosit(Dok.Freepik)

MELANOMA adalah jenis kanker kulit yang berkembang di sel kulit yang disebut melanosit dan biasanya terjadi pada bagian tubuh yang terlalu banyak terkena sinar matahari. Melanoma langka dapat terjadi di dalam mata (ocular melanoma) atau di bagian kulit atau tubuh yang tidak pernah terkena sinar matahari seperti telapak tangan, telapak kaki, atau di bawah kuku. Seperti apa gejala kanker melanoma?

Melanoma adalah salah satu jenis kanker kulit yang paling berbahaya dan serius. Penyakit ini bermula di kulit dan menyebar ke organ lain di tubuh, seperti  pembuluh darah, kelenjar getah bening, hati, tulang, dan paru-paru.

Pada 2023, diperkirakan lebih dari 18.200 orang terdiagnosis melanoma dengan rata-rata usia saat terdiagnosis adalah 65 tahun. 

Baca juga : Musim Kemarau Tingkatkan Risiko Kanker Kulit

Tanda dan gejala melanoma pertama yang sering muncul adalah: 

  • Perubahan pada tahi lalat yang ada. 
  • Perkembangan pertumbuhan berpigmen baru atau tampak tidak normal berkembang di kulit.

Tahi Lalat yang Khas

Tahi lalat yang khas biasanya memiliki warna yang sama. Itu bisa tampak merah muda, coklat, atau hitam.

Bagi orang yang berkulit coklat dan hitam, ciri khas tahi lalat biasanya berwarna coklat tua atau hitam. Tahi lalat yang khas memiliki batas jelas yang memisahkannya dari kulit di sekitarnya. Bentuknya oval atau bulat dan biasanya berdiameter kurang dari 6 milimeter.

Baca juga : Penyakit Langka, Empty Sella Syndrome Jarang Picu Gejala

Selain itu, kebanyakan tahi lalat muncul pada masa kanak-kanak, dan baru mungkin terbentuk hinggaa usia 40 tahun. Pada saat mereka mencapai usia dewasa, kebanyakan orang memiliki antara 10 dan 40 tahi lalat. 

Gejala yang Mungkin Mengindikasikan Melanoma

Beberapa tahi lalat tidak khas mungkin memiliki ciri-ciri tertentu yang mengindikasikan melanoma atau kanker kulit lainnya. Karakteristiknya termasuk:

  1. Asymmetrical atau simetris, artinya tahi lalat berbentuk tidak beraturan, mungkin bertambah tinggi atau tidak simetris.
  2. Border, artinya batasnya tidak teratur bisa berlekuk atau bergerigi.
  3. Color, artinya ada perubahan warna atau warna berbeda pada beberapa tahi lalat baru yang muncul.
  4. Diameter, artinya pertumbuhannya lebih dari 6 milimeter.
  5. Evolving, artinya tahi lalat terus berubah dari waktu ke waktu baik dari ukuran, warna, hingga bentuk.

Tanda-tanda ini mungkin berbeda-beda karena tidak semua pasien melanoma menunjukkan tanda-tanda di atas. Pasien melanoma mungkin hanya mengalami dua atau tiga gejala di atas.

Baca juga : Ini Perbedaan Penyakit Campak dan Alergi, Kamu Sudah Tahu?

Selain itu, melanoma dapat terjadi di area tubuh yang sedikit atau tidak mendapat sinar matahari sama sekali. Area ini mungkin termasuk ruang antara jari kaki dan telapak tangan, telapak kaki, kulit kepala, atau alat kelamin.

Kondisi ini biasa disebut dengan melanoma tersembunyi karena terjadi di tempat-tempat yang  kebanyakan orang tidak pernah terpikirkan untuk memeriksanya. Jika melanoma terjadi pada orang berkulit coklat atau hitam, kemungkinan besar terjadi di area tersembunyi. Melanoma tersembunyi meliputi:

1. Melanoma di dalam tubuh

Baca juga : 7 Penyebab Kanker Payudara, Begini Gejalanya

Melanoma mukosa berkembang di selaput lendir. Jaringan ini melapisi hidung, mulut, kerongkongan, anus, saluran kemih dan vagina. Melanoma mukosa sangat sulit dideteksi karena mudah disalahartikan sebagai kondisi lain yang lebih umum.

2. Melanoma di mata 

Melanoma mata juga disebut melanoma okular. Ini paling sering terjadi pada lapisan jaringan di bawah bagian putih mata. Lapisan ini disebut uvea dan dapat menyebabkan perubahan penglihatan serta dapat didiagnosis selama pemeriksaan mata.

3. Melanoma di bawah kuku

Bentuk melanoma langka yang dapat terjadi di bawah kuku jari tangan atau kaki biasa disebut Melanoma acral lentiginoso. Ini bisa juga ditemukan di telapak tangan atau telapak kaki. 

Melanoma acral lentiginoso cenderung sangat gelap, datar dan memiliki batas yang sangat tidak biasa. Ini lebih sering terjadi pada orang keturunan Asia dan orang berkulit coklat atau hitam.

Pencegahan

Beriku pencegahan yang dapat dilakukan untuk mengurangi risiko melanoma dan jenis kanker kulit lainnya:

1. Hindari lampu penyamakan dan tempat tidur 

Lampu tanning dan tempat tidur mengeluarkan sinar ultraviolet, disebut juga sinar UV. Paparan cahaya semacam ini dapat meningkatkan risiko kanker kulit.

2. Hindari sinar matahari pada tengah hari

Jadwalkan aktivitas luar ruangan pada waktu lain dalam sehari, bahkan di musim dingin atau saat langit mendung.

3. Kenali kulit Anda sehingga Anda dapat melihat perubahannya

Periksa kulit Anda sesering mungkin untuk melihat pertumbuhan kulit baru. Carilah perubahan pada tahi lalat, bintik-bintik, benjolan dan tanda lahir yang ada. 

Dengan bantuan kaca atau cermin, periksa wajah, leher, telinga, dan kulit kepala Anda. Lihatlah dada dan badan Anda serta bagian atas dan bawah lengan dan tangan Anda. 

Periksa bagian depan dan belakang tungkai serta kaki Anda, termasuk telapak kaki dan ruang di antara jari-jari kaki Anda. Periksa juga area genital dan sela-sela bokong Anda.

4. Kenakan pakaian pelindung

Saat Anda pergi keluar pada siang hari, kenakan pakaian yang membantu melindungi kulit Anda dari sinar matahari. Tutupi kulit Anda dengan pakaian berwarna gelap dan tenunan rapat yang menutupi lengan dan kaki Anda. (Z-7)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat