visitaaponce.com

Biden tidak Segera Hapus Perjanjian Dagang Fase 1 dengan Tiongkok

Biden tidak Segera Hapus Perjanjian Dagang Fase 1 dengan Tiongkok
Presiden AS terpilih Joe Biden saat berada di negara bagian Delaware.(AFP)

PRESIDEN Amerika Serikat (AS) terpilih Joe Biden tidak akan segera menghapus perjanjian perdagangan fase 1 antara AS dan Tiongkok. Adapun perjanjian tersebut diteken dalam pemerintahan Donald Trump.

"Saya tidak akan melakukan tindakan secepat itu. Hal serupa juga berlaku untuk kebijakan tarif,” tutur Biden dalam sebuha wawancara dengan kolumnis New York Times.

Berdasarkan perjanjian tersebut, Tiongkok sepakat meningkatkan pembelian produk dan jasa asal AS sebesar US$200 miliar selama 2020-2021.

Baca juga: Sikap Biden tentang Perjanjian Nuklir Panaskan Iran-Israel

Perjanjian dagang fase 1, yang ditandatangani awal 2020, juga menerapkan tarif 25% pada barang dan komponen industri Tiongkok senilai US$250 miliar. Dalam hal ini, berbagai produk yang digunakan produsen AS.

Namun, tarif pembalasan Tiongkok lebih dari US$100 miliar terhadap produk Negeri Paman Sam. Biden menyebut dirinya akan fokus pada kebijakan terkait praktik Tiongkok yang merugikan AS.

Seperti, mencuri kekayaan intelektual, subsidi ilegal kepada perusahaan, hingga memaksa transfer teknologi dari perusahaan AS ke mitra Tiongkok.(CNA/OL-11)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat