visitaaponce.com

Tiongkok Bakal Rombak Sistem Pemilu di Hong Kong

Tiongkok Bakal Rombak Sistem Pemilu di Hong Kong
Kongres Rakyat Nasional (NPC) Tiongkok mempertimbangkan proposal untuk merombak sistem pemilu di Hong Kong, Jumat (5/3/2021)(AFP)

Hong Kong bersiap untuk lebih banyak pergolakan politik ketika Kongres Rakyat Nasional (NPC) Tiongkok mempertimbangkan proposal untuk merombak sistem pemilu wilayah tersebut untuk memastikan "patriot" yang bertanggung jawab, pada pertemuan tahunan selama seminggu yang dimulai pada Jumat.

Menjelang pertemuan tersebut, Juru Bicara NPC Zhang Yesui menekankan bahwa badan stempel karet itu memiliki kekuatan konstitusional untuk memperbaiki sistem Hong Kong dan struktur pemilu diperlukan untuk sepenuhnya menerapkan prinsip patriot yang memerintah Hong Kong.

Cable TV dan Now TV Hong Kong, yang mengutip sumber yang tidak disebutkan namanya, mengatakan perubahan tersebut akan mencakup peningkatan jumlah komite pemilihan yang memilih pemimpin Hong Kong dari 1.200 menjadi 1.500 orang, dan badan legislatif kota itu dari 70 menjadi 90 kursi.

Anggota dewan distrik juga akan dihapus dari komite yang memilih kepala eksekutif, sementara sebuah badan baru akan dibentuk di bawah kepala eksekutif untuk memeriksa semua kandidat untuk jabatan terpilih, menurut Katrina Yu dari Al Jazeera yang memantau acara di Beijing.

Media lokal melaporkan pemilihan dewan legislatif yang sudah ditunda akan ditunda untuk satu tahun lagi hingga September 2022.

Saat membuka NPC pada Jumat, Perdana Menteri Tiongkok Li Keqiang mengatakan Beijing akan dengan tegas menjaga dan mencegah campur tangan pasukan eksternal dalam urusan Hong Kong.

Tiongkok, kata Yu, telah menerima banyak kritik internasional selama setahun terakhir karena reformasi di Hong Kong. "Dan Tiongkok belum menanggapi dengan konsesi apa pun. Itu ditanggapi dengan melipatgandakan dan memperkuat posisinya," katanya.

Seorang juru bicara pemerintah Hong Kong mengatakan setiap perubahan pada aturan yang mengatur pemilihan umum adalah hak prerogatif Beijing.

"Hanya melalui patriot yang memerintah Hong Kong, seluruh yurisdiksi Pemerintah Pusat atas HKSAR dapat diterapkan secara efektif, tatanan konstitusional sebagaimana ditetapkan oleh Konstitusi dan Undang-Undang Dasar secara efektif dijaga dan stabilitas jangka panjang serta keamanan Hong Kong tercapai," kata juru bicara itu dalam sebuah pernyataan yang dirilis pada Kamis malam.

Reformasi tersebut kemungkinan akan memberikan pukulan telak bagi para politisi dan aktivis pro-demokrasi Hong Kong yang telah berada di bawah tekanan sejak Tiongkok memberlakukan undang-undang keamanan nasional.

"Ini lebih dari sekadar mundur, ini mendekati ekstrem yang berlawanan, semakin menjauh dari hak pilih universal," kata Ivan Choy, dosen senior di departemen pemerintahan dan administrasi publik di Chinese University of Hong Kong, yang merujuk pada perubahan yang direncanakan. (Al Jazeera/OL-13)

Baca Juga: Inggris Tawarkan Skema Visa Baru untuk Jutaan Warga Hong Kong

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Muhamad Fauzi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat