visitaaponce.com

Astronaut Apollo 11 Michael Collins Tutup Usia

Astronaut Apollo 11 Michael Collins Tutup Usia
Astronaut Apollo 11 Michael Collins(AFP/ Eric BARADAT)

ASTRONAUT Michael Collins, pilot modul komando Apollo 11 yang tidak ikut ketika dua rekannya menjadi orang pertama yang berjalan di Bulan, Rabu (28/4), meninggal dunia setelah lama berjuang melawan kanker.

Dijuluki 'Pria paling kesepian sepanjang sejarah' karena harus menunggu dalam modul komando ketika rekan-rekannya berjalan di permukaan Bulan, nama Collins tidak seterkenal Neil Amrstrong dan Buzz Aldrin.

Namun, dia dipuji karena pengabdiannya mempromosikan eksplorasi luar angkasa.

Baca juga : Astronot Apollo, Thomas K. Mattingly, Meninggal Dunia pada Usia 87 Tahun

Dalam wawancara pada 2009 dengan NASA, dia menyebut raihan bersejarah timnya terjadi karena keberuntungan dan astronaut tidak layak dipuji sebagai pahlawan.

Trio astronaut Apollo 11 dari kiri ke kanan Neil Armstrong, Michael Collins, dan Buzz Aldrin (AFP/HO /NASA)

"Mike selalu menghadapi tantangan hidup dengan anggun dan penuh kerendahan hati. Dia menghadapi tantangan terakhir dalam hidupnya ini juga seperti itu," ujar keluarga Collins lewat Twitter.

Baca juga : AS Bersiap untuk Meluncurkan Misi Bulan Baru pada Hari Valentine

Rekan Collins di Apollo 11, Aldrin, menulis di Twitter, "Dear Mike, dimana pun Anda berada atau akan berada, Anda akan selalu menjadi semangat yang mengantar kami ke ketinggian baru dan ke masa depan. Kami sangat kehilanganmu. Beristirahatlah dalam damai."

Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden mengatakan meski Collins tidak mendapatkan kemewahan yang sama, dia tetapkan rekan yang sejajar dan menjadi pengingat AS mengenai pentingnya berkolaborasi untuk mencapai tujuan yang lebih besar.

Lahir di Roma pada 1930 saat ayahnya bertugas menjadi atase militer di ibu kota Italia itu, Collins kemudian menjadi pilot pesawat tempur dan pesawat uji coba di Angkatan Udara AS.

Baca juga : Pendarat Bulan Peregrine Terancam Gagal, Kini Arahnya Menuju Bumi

Dia kemudian melamar ke NASA karena terinspirasi oleh John Glenn, warga AS pertama yang mencapai orbit Bumi. Dia terpilih sebagai astronaut pada 1963.

Penerbangan luar angkasa pertama Collins adalah dalam misi Gemini 10. Kala itu dia memecahkan rekor dengan melakukan dua kali spacewalk.

Collins paling dikenal sebagai anggota misi Apollo 11 pada 20 Juli 1969 ketika rekan setimnya, Neil Armstrong dan Buzz Aldrin, menjadi manusia pertama yang menapakkan kaki di Bulan. (AFP/OL-1)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat