visitaaponce.com

Tiongkok Sebut Taiwan Tak Punya Hak Bergabung dengan PBB

Tiongkok Sebut Taiwan Tak Punya Hak Bergabung dengan PBB
Jet tempur F-16 milik Kementerian Pertahanan Taiwan (bawah) mengawasi pergerakan pesawat pembom H-6 milik militer Tiongkok.(Taiwan's Defence Ministry / AFP)

PEMERINTAH Tiongkok, pada Rabu (27/10), mengatakan bahwa Taiwan tidak memiliki hak untuk bergabung dengan PBB.

Pernyataan Beijing itu sebagai respons setelah Menteri Luar Negeri (Menlu) Amerika Serikat (AS) Antony Blinken mendesak pernyertaan yang lebih besar dari Taiwan, pulau yang memiliki pemerintahan sendiri di lembaga-lembaga PBB.

Tanggapan itu muncul setelah Blinken menyayangkan Taiwan semakin tersingkir di panggung dunia.

"PBB adalah organisasi pemerintah internasional yang terdiri dari negara-negara berdaulat," kata Juru Bicara Kantor Urusan Taiwan di Beijing Ma Xiaoguang pada briefing reguler. "Taiwan adalah bagian dari Tiongkok," tambahnya,

Beijing menganggap Taiwan sebagai provinsi yang menunggu penyatuan kembali, dengan paksa jika perlu.

Ma mengatakan Republik Rakyat Tiongkok adalah satu-satunya pemerintah resmi yang mewakili seluruh Tiongkok, mendesak para politisi di Taipei untuk membuang gagasan mengandalkan Washington untuk kemerdekaan.

Pada Selasa (2/10), Blinken mengatakan bahwa partisipasi Taiwan yang berarti dalam sistem PBB bukanlah masalah politik, tetapi masalah pragmatis.

Dia menambahkan bahwa, ketika komunitas internasional menghadapi sejumlah masalah kompleks dan global yang belum pernah terjadi sebelumnya, sangat penting bagi semua pemangku kepentingan untuk membantu mengatasi masalah - termasuk 24 juta orang yang tinggal di Taiwan. (AFP/Nur/OL-09)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Deri Dahuri

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat