visitaaponce.com

Sekjen PBB Minta Tiongkok Izinkan Ketua Badan HAM Berkunjung ke Xinjiang

Sekjen PBB Minta Tiongkok Izinkan Ketua Badan HAM Berkunjung ke Xinjiang
Sekjen PBB Antonio Guterres(AFP/Fabrice COFFRINI )

SEKRETARIS Jenderal (Sekjen) PBB Antonio Guterres mengatakan kepada para pemimpin Tiongkok bahwa dia berharap mereka mengizinkan Ketua Badan HAM PBB Michelle Bachelet untuk berkunjung ke 'Negeri Tirai Bambu' itu termasuk ke Xinjang.

Guterres bertemu dengan Presiden Tiongkok Xi Jinping dan Menteri Luar Negeri Wang Yi di sela-sela pembukaan Olimpiade Beijing 2022.

Sekjen PBB itu mengungkapkan harapannya bahwa kontak antara Komisi Tinggi HAM PBB dengan pemerintah Tiongkok akan berujung pada kunjungan ke Tiongkok termasuk ke Xinjiang.

Baca juga: Kim Jong-un Ucapkan Selamat atas Digelarnya Olimpiade Beijing 2022

Lembaga HAM, selama ini, menuding sedikitnya 1 juta kelompok minoritas, termasuk muslim, ditahan di kamp reedukasi di Xinjiang, tempat Tiongkok dituding melakukan pelanggaran HAM termasuk steriliasi paksa terhadap perempuan dan kerja paksa.

Menjelang bergulirnya Olimpiade Beijing 2022, Kementerian Luar Negeri Tiongkok menggarisbawahi adanya dukungan Guterres untuk pesta olahraga sedunia itu.

Meski begitu, Tiongkok, selama ini, menolak mengizinkan Bachelet, yang merupakan mantan presiden Cile berkunjung ke Xinjiang.

Pemerintah Amerika Serikat dan lima negara sekutunya menuding perlakuan Tiongkok terhadap warga Uighur di Xinjiang sebagai genosida, tudingan yang ditolak Beijing.

Tiongkok berulang kali menyerukan kepada negar alain untuk berhenti mempolitisasi Olimpiade, yang dibayangi masalah HAM, covid-19, dan ketakutan seandainya atlet berbicara soal HAM  di Beijing. (AFP/OL-1)
 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat