visitaaponce.com

Usulan Embargo Senjata terhadap Israel Sebuah Langkah Maju

Usulan Embargo Senjata terhadap Israel Sebuah Langkah Maju
Anggota pasukan keamanan Israel berjaga ketika seorang wanita Palestina menuju ke kompleks Masjid Al-Aqsa melalui Gerbang Damaskus(AFP)

PENGAMAT Internasional Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) Faris Al-Fadhat mengatakan pertimbangan usulan embargo senjata terhadap Israel menjadi langkah yang baik dan maju dari Dewan HAM PBB.

"Ini untuk pertama kalinya Dewan HAM PBB mengeluarkan atau mengusulkan kebijakan terkait perang Israel-Hamas. Ini bisa kita pandang sebagai langkah yang maju dari Dewan HAM PBB," kata Faris dihubungi Media Indonesia Jumat (5/4).

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Alumni dan Al Islam Kemuhammadiyahan UMY, menambahkan bahwa Dewan HAM telah serius menyoroti dampak kemanusiaan dari perang Israel-Hamas di Gaza, Palestina.

Baca juga : Embargo Senjata terhadap Israel Dinilai Legal dan Sah

"Ini mengejutkan memang, meningkatkan kembali respon dunia, terhadap keprihatinan mereka di Gaza. Terutama negara-negara muslim, meskipun resolusi ini juga didukung negara-negara Amerika Latin," ujarnya.

Dirinya sangat mengapresiasi usulan tersebut karena akan memperkuat upaya dunia untuk melihat bahwa tindakan Israel berdampak besar terhadap masyarakat Gaza, Palestina.

"Ini sudah termasuk pelanggaran HAM, juga sudah diusulkan oleh negara-negara Afrika di Pengadilan Internasional," sebutnya.

Baca juga : Dewan HAM PBB akan Pertimbangkan Seruan Embargo Terhadap Israel

Di sisi lainnya, Presiden Joe Biden juga kewalahan terhadap tindakan Israel di Gaza. Apalagi, seruan AS kerap diabaikan oleh Israel.

"Makanya kemarin Biden minta tegas Israel memperhatikan kondisi warga sipil di Gaza. Sehingga apa yang dilakukan OKI untuk menekan Israel dengan embargo senjata jadi langkah yang bagus," tuturnya.

Namun demikian, resolusi tersebut berhasil atau tidak menjadi persoalan berikutnya. Meskipun, dirinya pesimis dengan kepatuhan negara-negara sekutu Israel.

"Saya pribadi tidak yakin hasil resolusi ini akan diaati, apakah negara-negara penyuplai senjata ke Israel akan menghentikan kegiatan mereka, apakah nanti punya kekuatan besar atau tidak, apakah akan ditaati oleh negara-negara tersebut," pungkasnya. (Fer/Z-7)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat