visitaaponce.com

Hadir dalam Sidang Baru, Navalny Janji Lawan Kremlin

Hadir dalam Sidang Baru, Navalny Janji Lawan Kremlin
Alexei Navalny(AFP/MLADEN ANTONOV )

KRITIKUS Kremlin yang dipenjara Alexei Navalny mengatakan dia akan terus menantang kepemimpinan Rusia, selama pembukaan persidangan baru yang dapat memperpanjang masa hukumannya lebih dari satu dekade.

Navalny muncul di awal persidangan pada Selasa (15/2) melalui tautan video mengenakan seragam penjara dan diapit oleh penjaga di pengadilan darurat di dalam koloni penjaranya, tersenyum dan memeluk istrinya.

Baca juga: 17 Warga Israel Ditangkap karena Serang Desa Palestina

Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken mengatakan dia terganggu dengan tuduhan baru yang meragukan terhadap Navalny dan menyerukan pembebasannya.

"Navalny dan rekan-rekannya menjadi sasaran karena pekerjaan mereka dalam menyoroti korupsi pejabat," cuit Blinken.

"Kali ini, dia diadili di sebuah koloni hukuman, di luar pandangan publik. Pihak berwenang Rusia harus membebaskan Aleksei Navalny dan mengakhiri pelecehan dan penuntutan mereka terhadap para pendukungnya,” imbuhnya.

Kanselir Jerman Olaf Scholz sebelumnya mengatakan kasus baru tidak sesuai dengan aturan hukum, saat berbicara selama konferensi pers dengan Presiden Rusia Vladimir Putin di Moskow.

Pemimpin oposisi berusia 45 tahun itu telah berada di balik jeruji besi selama setahun, setelah selamat dari serangan racun yang diduga dilakukan oleh Kremlin.

Dia menjalani hukuman dua setengah tahun atas tuduhan penggelapan lama, tetapi tuduhan baru dapat membuat waktunya di balik jeruji diperpanjang secara signifikan.

"Anda akan memperpanjang masa saya tanpa batas waktu. Apa yang bisa kita lakukan untuk itu?" kata Navalny dalam sidang pengadilan.

"Aktivitas orang lebih penting daripada nasib satu individu. Saya tidak takut,” imbuhnya.

Kasus baru diluncurkan pada Desember 2020, ketika Navalny sedang memulihkan diri di Jerman setelah dia diserang dengan racun rancangan Soviet. Pihak berwenang Rusia telah berulang kali membantah terlibat.

Penganiayaan ilegal

Kelompok hak asasi manusia telah mengkritik pihak berwenang karena mengadakan sidang tertutup di dalam penjara dengan keamanan maksimum di Pokrov, 100 kilometer timur Moskow.

Penyelidik menuduh Navalny mencuri untuk penggunaan pribadi sebesar lebih dari US$4,7 juta dalam sumbangan yang diberikan kepada organisasi politiknya.

Tuduhan tersebut membawa hukuman maksimal 10 tahun penjara.

Seorang jaksa selama persidangan menuduh Navalny dan sekutunya menyesatkan warga dengan tujuan sengaja mencuri dana.

Navalny memiliki banyak pengikut di kalangan orang Rusia yang cenderung liberal dengan video-video yang mengekspos korupsi di kalangan elit. Banyak dari investigasi memperoleh jutaan tampilan online.

Sekutu Navalny mengecam persidangan itu sebagai tipuan dan pengacaranya mengatakan itu sebagai bagian dari upaya Kremlin untuk menyingkirkannya dari kehidupan politik.

"Kami percaya penganiayaan terhadap Navalny adalah ilegal, jelas bersifat politis, dan bertujuan untuk mendiskreditkan dan menyingkirkannya dari aktivitas politik," kata pengacaranya, Olga Mikhailova.

Tidak sesuai dengan aturan hukum

Awal persidangan datang selama seminggu pembicaraan intensif antara Rusia dan Barat mengenai Ukraina, dengan Scholz pemimpin terbaru yang datang ke Moskow untuk berbicara dengan Putin.

Kanselir Jerman itu mengutuk proses hukum terhadap Navalny, menyusul seruan sebelumnya dari sekutu pemimpin oposisi untuk mengangkat kasusnya dengan Putin.

"Posisi saya dalam kasus Navalny sangat jelas, penilaiannya tidak sesuai dengan prinsip-prinsip supremasi hukum dan saya telah menyatakan pandangan ini dalam banyak kesempatan," kata Scholz.

Navalny dirawat oleh dokter di Berlin dan Jerman menyalahkan keracunan yang hampir fatal itu pada Kremlin.

Mantan kanselir Angela Merkel menggunakan kunjungan terakhirnya ke Moskow tahun lalu untuk meminta Putin membebaskan Navalny.

Menjelang sidang, Amnesty International mengkritik pengadilan palsu, yang lebih banyak dihadiri oleh penjaga penjara daripada media.

"Jelas bahwa pihak berwenang Rusia bermaksud untuk memastikan bahwa Navalny tidak meninggalkan penjara dalam waktu dekat," katanya pada hari Senin.

Dalam dakwaan terpisah, Navalny juga menghadapi hukuman enam bulan penjara jika terbukti melakukan penghinaan terhadap pengadilan.

Keracunan dan penangkapan Navalny memicu kecaman luas di luar negeri serta sanksi dari Barat.

Setelah penangkapannya, organisasi politik Navalny di seluruh negeri dinyatakan sebagai ekstremis dan ditutup, sementara banyak pembantu utama melarikan diri dari Rusia karena takut akan penuntutan. (Aiw/Straitstimes/OL-6)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Astri Novaria

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat