visitaaponce.com

Macron Peringatkan Potensi Perang Panjang antara Rusia dan Ukraina

Macron Peringatkan Potensi Perang Panjang antara Rusia dan Ukraina
Ilustrasi(AFP)

PRESIDEN Prancis Emmanuel Macron memperingatkan bahwa dunia harus bersiap menghadapi perang panjang antara Rusia dan Ukraina setelah Moskow melancarkan invasi terhadap negara tetangganya yang pro-Barat tersebut.

"Jika saya dapat memberi tahu Anda satu hal pagi ini, perang ini akan berlangsung lama," kata Macron dalam pameran pertanian tahunan Prancis pada Sabtu (26/2).

Baca juga: Stepan, Kucing Ukraina Ini Banjir Dukungan

"Krisis ini akan berlangsung lama, perang ini akan berlangsung dan semua krisis yang menyertainya akan memiliki konsekuensi yang langgeng," tambah Macron, memperingatkan, "Kita harus siap."

Macron mempersingkat kunjungannya ke pekan raya pertanian, yang biasanya merupakan salah satu acara utama dalam kalender politik Prancis, untuk kembali menangani krisis yang dipicu oleh invasi Rusia.

"Perang telah kembali ke Eropa, ini dipilih secara sepihak oleh Presiden (Vladimir) Putin, dengan situasi kemanusiaan yang tragis, orang (Ukraina) yang melawan dan Eropa yang ada dan melawan di sisi rakyat Ukraina," tuturnya.

Dengan perang dan sanksi terhadap Rusia yang berisiko merusak sektor-sektor tertentu di Prancis, terutama industri anggur, Macron berjanji akan membuat rencana ketahanan untuk membantu mereka mengatasinya.

Pemimpin Prancis itu adalah tokoh kunci dalam upaya untuk mencegah konflik, berulang kali berbicara dengan Putin dan sia-sia berusaha untuk menengahi pertemuan puncak antara pemimpin Rusia dan Presiden AS Joe Biden.

Perang juga pecah saat jam terus berdetak menuju pemilihan presiden Prancis pada bulan April.

Macron, yang diperkirakan akan mencari dan memenangkan masa jabatan kedua, telah meninggalkan deklarasi resmi pencalonannya hingga menit terakhir, meskipun ia harus bergerak minggu depan sebelum batas waktu 4 Maret untuk mendaftar. (Aiw/Straitstimes/OL-6)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Astri Novaria

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat