visitaaponce.com

Sekitar 17.000 Turis Rusia dan Ukraina Terjebak di Dominika

Sekitar 17.000 Turis Rusia dan Ukraina Terjebak di Dominika
Bus wisatawan Ukraina menunggu untuk menyeberangi perbatasan Ukraina-Hongaria, dekat Chop, Ukraina, Rabu (2/3)(dok.AFP)

SEKITAR 15.000 turis Rusia dan 2.000 turis Ukraina terjebak di Republik Dominika, karena pembatasan perjalanan yang diberlakukan setelah invasi Rusia ke Ukraina.

Negara Karibia itu mengatakan telah mencapai kesepakatan dengan jaringan hotel untuk menjamin akomodasi para turis sampai solusi ditemukan.

Hotel di Republik Dominika, negara yang terkenal dengan pantainya yang indah, menyambut lima juta tamu pada tahun 2021.

14.800 turis Rusia sebagian besar berada di provinsi timur La Altagracia, rumah bagi pengunjung titik hotspot Punta Cana.

Sebuah survei resmi juga menemukan sekitar 1.900 wisatawan Ukraina di negara itu, yang akan tetap berada di hotel mereka sampai ada rencana repatriasi.

Konsul Kehormatan Ukraina untuk Republik Dominika mengklaim ada sekitar 3.000 warga negaranya di negara itu, 1.200 di antaranya telah diusir dari hotel mereka.

Kantor Berita AFP, menyatakan tidak menemukan orang asing yang terdampar di kawasan wisata utama.

Sebuah pernyataan dari kantor Menteri Pariwisata David Collado mengatakan, para pejabat akan mengunjungi hotel dalam beberapa hari mendatang untuk memastikan kebutuhan keluarga yang tidak bisa pulang.

Uni Eropa, Inggris dan Kanada menutup wilayah udara mereka untuk pesawat Rusia dalam menanggapi invasi Rusia ke Ukraina. Rusia pun melarang maskapai penerbangan dari negara-negara yang sama terbang di atas wilayahnya.

Maskapai penerbangan Rusia Aeroflot pada Senin menangguhkan penjualan tiket ke Kuba, Meksiko dan AS sementara Azur Air menghentikan penerbangan ke Kuba, Meksiko dan Republik Dominika, menurut Prensa Latina.

Republik Dominika, salah satu negara langka yang tidak pernah menutup perbatasannya selama pandemi virus korona, menerima 183.700 turis Rusia dan 85.912 orang Ukraina pada tahun 2021, menurut Bank Sentral. (AFP/OL-13)

Baca Juga: Spanyol Siap Pasok Senjata ke Ukraina

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Muhamad Fauzi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat