visitaaponce.com

Popularitas Duterte Bawa Kemenangan bagi Putrinya dalam Pemilu Filipina

Popularitas Duterte Bawa Kemenangan bagi Putrinya dalam Pemilu Filipina
Sara Duterte(AFP/TED ALJIBE)

PRESIDEN Filipina Rodrigo Duterte bisa menghadapi tuntutan internasional atas perang melawan narkobanya yang mematikan, tetapi kemenangan putrinya dalam pemilihan wakil presiden menunjukkan popularitasnya tetap tinggi. Sara Duterte mendapatkan lebih dari setengah suara dalam pemilu pada Senin (9/5).

Keberhasilan Sara Duterte dalam pemilihan memperkuat posisi keluarga di pusat politik selama enam tahun lagi dan memastikan nama Duterte tetap dalam daftar dinasti politik yang kuat.

Dengan pasangannya Ferdinand Marcos Junior merebut kursi kepresidenan. Dua keturunan pemimpin otoriter telah diangkat ke posisi terpilih tertinggi negara tersebut.

Baca juga:  Putra Diktator Ferdinand Marcos Menang Telak di Pemilu Filipina

Saat kampanye, mereka menganut banyak kebijakan Duterte yang lebih tua, yang membuat khawatir para aktivis hak asasi manusia, jurnalis dan pemimpin agama.

Duterte, 43, pernah diperkirakan akan mencoba menggantikan ayahnya di istana kepresidenan ketika survei pemilih tahun lalu menempatkannya dengan baik di depan calon pesaing lainnya, termasuk Marcos Jr.

Tapi dia mengejutkan pengamat politik - dan tampaknya ayahnya - dengan membuat kesepakatan dengan putra mantan diktator negara itu dan malah mencalonkan diri sebagai wakil. (AFP/OL-5)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat