visitaaponce.com

Shanghai Gelar Tes Covid-19 Secara Massal

Shanghai Gelar Tes Covid-19 Secara Massal
Petugas kesehatan mengambil sample penduduk di Shanghai untuk di tes covid-19(AFP/ HECTOR RETAMA)

PEMERINTAH Shanghai memulai tes massal Covid-19 untuk 25 juta orang pada Sabtu (11/6). Tujuannya untuk mengantisipasi gelombang susulan covid-19 dari varian baru virus itu.

Otoritas Shanghai telah memerintahkan tes PCR untuk warga di 15 dari 16 distrik pada akhir pekan ini. Selama tes berlangsung, warga di lima distrik dilarang meninggalkan rumah.

Putaran baru tes covid-19 massal ini berlangsung hanya 10 hari usai Shanghai mencabut kebijakan penguncian (lockdown) ketat yang telah diberlakukan selama lebih kurang dua bulan.

Otoritas kesehatan Shanghai mencatat tujuh kasus covid-19 lokal muncul pada Jumat (10/6). Enam dari infeksi tersebut terdeteksi di luar area karantina.

Untuk periode sama, Shanghai juga mencatat sembilan kasus tanpa gejala atau asimtomatik, naik dari enam infeksi pada satu hari sebelumnya. Sementara di Beijing terdapat 36 kasus lokal, naik dari sembilan kasus sehari sebelumnya, dan 25 infeksi asimtomatik.

Baca juga: Shanghai Ambil Langkah Pencabutan Penguncian Akibat Covid-19

Beijing mulai memperketat beberapa aturan covid-19. Setidaknya dua di distrik termasuk Chaoyang telah menutup sejumlah tempat hiburan. Lonjakan kasus di Chaoyang diasosiasikan dengan sebuah bar bernama Heaven Supermarket Bar.

Otoritas Beijing mengatakan bahwa 61 orang terinfeksi covid-19 dalam kasus terbaru diyakini pernah mengunjungi bar tersebut atau memiliki kontak erat dengan orang-orang di sana.(Malay Mail/OL-5)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat