visitaaponce.com

Hasil Pemilu Parlemen Tentukan Dukungan Pemerintahan Macron

WARGA Prancis menuju ke tempat pemungutan suara pada Minggu (19/6) untuk putaran terakhir pemilu parlemen.

Pemungutan suara itu akan menentukan agenda masa jabatan kedua Presiden Prancis Emmanuel Macron pascaterpilih kembali pada April. 2022

Macron membutuhkan mayoritas pendukung di parlemen untuk meloloskan agenda pemotongan pajak, reformasi kesejahteraan, dan menaikkan usia pensiun.

Proyeksi dari perusahaan jajak pendapat menunjukkan koalisi "Bersama"-nya akan menjadi partai terbesar di Majelis Nasional berikutnya, tetapi mungkin kekurangan kursi yang dibutuhkan untuk mayoritas.

Koalisi sayap kiri baru NUPES berharap untuk membuat kejutan, dengan kolektif merah-hijau berjanji untuk memblokir agenda Macron setelah bersatu di belakang tokoh berusia 70 tahun Jean-Luc Melenchon.

"Pemungutan suara sangat terbuka dan tidak pantas untuk mengatakan bahwa segala sesuatunya diselesaikan dengan satu atau lain cara," kata Melenchon kepada wartawan pada Jumat di Paris.

Baca juga: Sindir Putin, Macron : Ukraina tidak Boleh Permalukan Rusia

Pemimpin sayap kanan Marine Le Pen juga mengincar keuntungan besar untuk partainya National Rally, yang hanya memiliki delapan kursi di parlemen.

Pemungutan suara putaran pertama berfungsi untuk mengurangi kandidat di sebagian besar dari 577 daerah pemilihan negara itu menjadi dua finalis yang akan berhadapan langsung pada Minggu.

Pemilihan itu mengakhiri rangkaian dua bulan yang intens untuk memilih presiden dan parlemen baru.

Kontes antara koalisi Bersama dan NUPES telah berubah menjadi semakin sengit selama seminggu terakhir, dengan sekutu Macron berusaha untuk menggambarkan lawan utama mereka sebagai sayap kiri yang berbahaya.

Anggota parlemen senior Christophe Castaner menuduh Melenchon menginginkan "revolusi Soviet", sementara Menteri Ekonomi Bruno Le Maire menyebutnya "Chavez Prancis" mengacu pada mendiang otokrat Venezuela Hugo Chavez.

Macron menuju ke Ukraina pekan lalu, berharap untuk mengingatkan pemilih tentang kredensial kebijakan luar negerinya dan salah satu kelemahan yang dirasakan Melenchon - pandangannya yang anti-NATO dan anti-Uni Eropa pada saat perang di Eropa.

"Kami membutuhkan mayoritas yang solid untuk memastikan ketertiban di luar dan di dalam perbatasan kami. Tidak ada yang lebih buruk daripada menambahkan kekacauan Prancis ke kekacauan dunia," kata Macron.

Sebagai presiden, dia akan mempertahankan kendali atas kebijakan luar negeri dan pertahanan apa pun hasilnya, tetapi agenda domestiknya akan digagalkan.

Melenchon telah menjanjikan jeda dari "30 tahun neoliberalisme" - yang berarti kapitalisme pasar bebas - dan telah menjanjikan kenaikan upah minimum dan belanja publik serta nasionalisasi.

Jajak pendapat pada Jumat menunjukkan koalisi Macron berada di jalur untuk mendapatkan 255-305 kursi pada Minggu.

NUPES akan mengamankan sekitar 140-200 kursi, yang menjadikan mereka kekuatan oposisi terbesar, sementara Partai Le Pen National Rally terlihat mendapatkan sekitar 20-45 kursi.

Jika mereka mengamankan lebih dari 15 kursi, anggota parlemen Le Pen akan dapat membentuk kelompok formal di parlemen, memberi mereka visibilitas dan sumber daya yang lebih besar.

Tetapi setelah mencetak 41,5% dalam pemilihan presiden pada April, Le Pen masih berjuang untuk mengubah pengikutnya yang besar menjadi perwakilan utama di parlemen.

"Anda dapat mengakhiri lima tahun kebijakan beracun oleh Emmanuel Macron," katanya dalam video kampanye yang diunggah di media sosial pada Jumat. "Anda juga memiliki kesempatan untuk melindungi negara dari sayap kiri," tambahnya.

Pengamat akan terus mencermati angka partisipasi menyusul jumlah terendah secara historis pada pekan lalu hanya 47,5%. Tiga jajak pendapat - dari Elabe, Ifop-Fiducial dan Ipsos - menunjukkan jumlah pemilih pada Minggu akan menjadi 44-47%.

Perombakan pemerintah diperkirakan akan terjadi setelah pemilu. (AFP/Nur/OL-09)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Deri Dahuri

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat