visitaaponce.com

Presiden Panama Didiagnosa Idap Kelainan Darah Langka

Presiden Panama Didiagnosa Idap Kelainan Darah Langka
Presiden Panama Laurentino Cortizo(AFP/Panamanian Presidency)

PRESIDEN Panama Laurentino Cortizo mengatakan dirinya telah didiagnosa dengan kelainan darah langka yang dikenal sebagai sindrom mielodisplastik dan akan mencari pendapat medis kedua.

Sindrom mielodisplastik dianggap sebagai sejenis kanker yang mempengaruhi kemampuan tubuh untuk membuat sel darah yang sehat di sumsum tulang, menurut American Cancer Society.

Cortizo, dalam sebuah pernyataan, Senin (20/6), mengatakan prognosisnya berisiko sedang dan dia dalam semangat yang
baik.

Baca juga: Terlibat Korupsi, Dua Putra Mantan Presiden Panama Diadili di AS

Dia pun akan melanjutkan tugas sehari-harinya sebagai presiden.

Cortizo mengatakan dia menerima diagnosa itu pada 16 Juni setelah pemeriksaan darah rutin pada Mei menunjukkan penurunan hemoglobin dan jumlah sel darah putih. Setelah itu, dokter merekomendasikan biopsi sumsum tulang.

Dia akan mencari opini kedua dari dokter spesialis di Houston, Texas, setelah menyampaikan pidato kenegaraan tahunan di Majelis Nasional Panama pada 1 Juli, katanya.

Terlepas dari diagnosanya, pria berusia 69 tahun itu mengatakan dokternya menilai dia dalam kondisi umum yang sangat baik.

Perawatan untuk sindrom mielodisplastikdapat berupa transfusi darah hingga kemoterapi atau transplantasi sel induk, menurut National Health Service di Inggris.

Cortizo tidak menjelaskan apakah dia akan menjalani perawatan. (Ant/OL-1)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat