visitaaponce.com

FBI Geledah Rumah Trump Cari Dokumen Rahasia Senjata Nuklir

FBI Geledah Rumah Trump Cari Dokumen Rahasia Senjata Nuklir
Donald Trump(MANDEL NGAN / AFP)

AGEN FBI sedang mencari dokumen rahasia tentang senjata nuklir di antara materi rahasia lainnya ketika mereka menggeledah rumah Mantan Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump.

The Washington Post mengutip orang-orang yang akrab dengan penyelidikan yang mengatakan bahwa dokumen senjata nuklir dianggap sebagai harta karun yang diburu FBI di resor Mar-a-Lago milik Trump. Mereka tidak menentukan jenis dokumen apa atau apakah mereka merujuk ke gudang senjata AS atau negara lain.

Laporan itu muncul beberapa jam setelah jaksa agung, Merrick Garland, mengatakan dia secara pribadi telah mengesahkan permintaan pemerintah untuk surat perintah penggeledahan dan mengungkapkan bahwa departemen kehakiman telah meminta pengadilan Florida agar surat perintah itu dibuka, mencatat bahwa Trump sendiri yang melakukan penggeledahan.

Mosi departemen kehakiman mengacu pada kepentingan publik yang jelas dan kuat untuk memahami apa yang terjadi dalam isinya. Trump kemudian merilis sebuah pernyataan yang mengatakan bahwa dia tidak akan menentang melainkan mendorong rilis segera dokumen-dokumen itu.

Baca juga: Menhan Inggris Yakin Rusia Gagal Dalam Perang Ukraina

Pengumuman Garland menyusul reaksi keras terhadap pencarian dari para pendukung Trump yang menggambarkannya sebagai motivasi politik. Pada hari Kamis seorang pria yang mencoba menerobos kantor FBI di Cincinnati ditembak dan dibunuh oleh polisi setelah dia melarikan diri dari tempat kejadian.

Pengadilan mengatakan kepada pemerintah untuk menyampaikan mosinya kepada pengacara Trump dan melaporkan kembali pada pukul 3 sore pada hari Jumat tentang apakah Trump keberatan dengan surat perintah yang dibuka.

Dugaan keberadaan dokumen senjata nuklir di Mar-a-Lago dapat menjelaskan mengapa Garland mengambil langkah bermuatan politik seperti memerintahkan agen FBI ke rumah mantan presiden, karena mengambilnya akan dilihat sebagai prioritas keamanan nasional.

Trump secara khusus terpaku pada persenjataan nuklir AS ketika dia berada di Gedung Putih dan membual tentang mengetahui informasi yang sangat rahasia.

Pada musim panas 2017, dia mengatakan kepada para pemimpin militer AS bahwa dia menginginkan persenjataan yang sebanding dengan puncak perang dingin dan akan melibatkan peningkatan sepuluh kali lipat. Trump secara terbuka mengancam akan melenyapkan Korea Utara dan Afghanistan. (theguardian/OL-4)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Akhmad Mustain

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat