visitaaponce.com

Kekeringan Buat Jejak Dinosaurus Ditemukan di AS

Kekeringan Buat Jejak Dinosaurus Ditemukan di AS
Jejak kaki dinosaurus yang ditemukan di Taman Nasional Lembah Dinosaurus di Texas, Amerika Serikat.(AFP/Handout / Dinosaur Valley State Park)

KEKERINGAN di Texas menyebabkan sebuah sungai yang mengalir melewati Taman Nasional Lembah Dinosaurus mengering, memunculkan jejak reptilia raksasa yang tinggal di Bumi, 113 juta tahun lalu.

Foto yang diunggah di Facebook memperlihatkan jejak kaki berjari tiga di dasar sungai kering yang berada di negara bagian di selatan Amerika Serikat (AS) itu.

"Itu merupakan rangkaian jejak kaki dinosaurus terpanjang di dunia," ungkap kalimat yang mendampingi foto itu.

Baca juga: Dinosaurus Baru Bertangan Pendek Seperti T rex Ditemukan

Petugas taman nasional Texas Stephanie Salinas Garcia menyebabkan kekeringan menyebabkan jejak dinosaurus itu berhasil ditemukan.

"Akibat kekeringan ekstrem selama musim panas ini, sungai menjadi kering total sehingga jejak itu bisa terlihat," ujar Salinas Garcia.

"Dalam kondisi normal, jejak itu berada di bahwa air dan biasanya tertutup sedimen sehingga tidak terlihat," lanjutnya.

Mayoritas jejak yang ditermukan itu merupakan milik Acrocanthosaurus, yang memiliki berat badan hampir 7 ton saat dewasa dan memiliki tinggi badan 15 meter.

Dinosaurus lainnya, Sauroposeidon, juga meninggalkan jejak di taman nasional itu. Sauroposeidon memiliki tinggi badan 60 kaki dan berat 44 ton.

Saat kekeringan mengungkapkan jejak itu, hujan yang akan segera datang akan segera menutupnya kembali.

"Meski jejak itu akan tertutup kembali karena hujan, Taman Nasional Lembah Dinosaurus akan terus melindungi jejak itu bukan hanya untuk saat ini namun juga untuk generasi yang akan datang," tegas Salinas Garcia. (AFP/OL-1)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat