visitaaponce.com

Pasukan Israel Masuki Suriah Berdalih Kejar Empat Tersangka

Pasukan Israel Masuki Suriah Berdalih Kejar Empat Tersangka
Seorang gadis menyebarkan cabai yang dipanen untuk dikeringkan di kota Muhambal yang dikuasai pemberontak, Idlib, Suriah.(AFP/Aaref Watad.)

PASUKAN Israel menyeberang ke Suriah pada Senin (19/9) dan menembaki empat orang yang melemparkan benda-benda di sepanjang pagar perbatasan. Tembakan itu melukai salah satu dari mereka.

Israel, yang secara teratur melakukan serangan udara di dalam wilayah Suriah, jarang secara terbuka mengakui operasi lintas batas. Menurut pernyataan tentara Israel, "Tentara pengamat melihat empat tersangka," di dekat Haspin di Dataran Tinggi Golan yang diduduki Israel, tanpa memberikan informasi spesifik tentang yang mereka lempar.

"Tentara dikirim ke tempat kejadian, melintasi perbatasan, dan beroperasi dengan menembaki salah satu kaki tersangka," tambah pernyataan itu. Tersangka yang terluka, yang kondisinya tidak segera jelas, "Dievakuasi dengan helikopter ke rumah sakit," di Israel, kata tentara tanpa menyebutkan yang terjadi kepada tiga lainnya.

Baca juga: Bandara Aleppo Suriah akan Dibuka setelah Rusak Diserang Israel

Israel jarang mengomentari tindakan militernya di Suriah, kecuali operasi sebagai tanggapan langsung terhadap sesuatu yang dianggap tentara sebagai ancaman langsung terhadap kedaulatan Israel. Namn Israel telah mengakui melakukan ratusan serangan udara di Suriah dengan menargetkan posisi pemerintah dan pasukan yang didukung Iran sejak perang saudara pecah di negara itu pada 2011.

Israel merebut 1.200 kilometer persegi (460 mil persegi) Dataran Tinggi Golan dari Suriah dalam Perang Enam Hari 1967 dan kemudian mencaploknya. Langkah itu tidak pernah diakui oleh masyarakat internasional. (AFP/OL-14)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat