visitaaponce.com

Incar Hizbullah, Israel Lancarkan Serangan Udara di Suriah

Incar Hizbullah, Israel Lancarkan Serangan Udara di Suriah
Seorang tentara Israel memeriksa senjata di Dataran Tinggi Golan yang dianeksasi Israel dekat perbatasan dengan Suriah.(AFP/Jalaa Marey.)

ISRAEL melancarkan serangan udara menjelang fajar di dekat ibu kota Suriah pada Selasa (2/1). Ini dikatakan media pemerintah yang mengutip sumber militer. Serangan terjadi pada saat ketegangan regional meningkat terkait perang di Jalur Gaza, Palestina.

Pemantau perang yang berbasis di Inggris, Observatorium Suriah untuk Hak Asasi Manusia, mengatakan Israel telah menargetkan posisi militer yang juga menampung anggota kelompok bersenjata Hizbullah Libanon yang didukung Iran, di dekat kota Kanaker. 

Kantor berita resmi Suriah, SANA, melaporkan bahwa sekitar pukul 04.35 waktu setempat, "Musuh Israel melancarkan serangan udara dari arah Golan Suriah yang diduduki menargetkan sejumlah lokasi di pedesaan Damaskus."

Baca juga: Israel Melancarkan Serangan Udara di Suriah Selatan, Dekat Damascus

Laporan tersebut mengutip sumber militer yang mengatakan bahwa serangan tersebut hanya menyebabkan kerusakan material, tanpa menyebutkan targetnya. 

Israel jarang berkomentar mengenai serangan individu yang menargetkan Suriah. Namun, Israel berulang kali mengatakan tidak akan membiarkan musuh bebuyutannya, Iran, yang mendukung pemerintahan Presiden Bashar al-Assad, memperluas kehadirannya di sana.

Serangan Israel yang dilaporkan ini merupakan pertama kali terjadi pada tahun ini di Suriah. Serangan mereka semakin intensif setelah perang dengan kelompok militan Palestina Hamas.

Baca juga: Puluhan Ribu Warga Turki Kecam Pembunuh Israel di Gaza

Selama lebih dari satu dekade perang saudara di Suriah, Israel telah melancarkan ratusan serangan udara di wilayahnya, terutama menargetkan pasukan yang didukung Iran serta posisi tentara Suriah.

Beberapa bulan terakhir telah terjadi baku tembak lintas batas antara Israel dan Hizbullah, sekutu Hamas, di Libanon selatan.

Teheran pada Desember menuduh Israel melakukan serangan di Suriah yang menewaskan Razi Moussavi, seorang komandan senior Pasukan Quds, cabang operasi asing dari Korps Garda Revolusi Islam. (Z-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat