visitaaponce.com

Empat Tewas dalam Serangan Israel terhadap Jenderal Iran di Suriah

Empat Tewas dalam Serangan Israel terhadap Jenderal Iran di Suriah
Peta Suriah.(AFP.)

TIGA pejuang lain tewas dalam serangan Israel yang menyebabkan seorang jenderal senior Garda Revolusi Iran tewas di dekat ibu kota Suriah. Ini disampaikan lembaga pemantau perang pada Selasa (26/12).

Serangan pada Senin menargetkan Razi Moussavi, komandan paling senior di Pasukan Quds--cabang luar negeri Korps Garda Revolusi Islam (IRGC)--untuk dibunuh di luar Iran dalam hampir empat tahun.

"Dua pejuang asing dan satu pejuang Suriah juga tewas dalam serangan Israel," kata pemantau perang Observatorium Suriah untuk Hak Asasi Manusia. Pemantau yang berbasis di Inggris itu punya jaringan sumber di lapangan.

Baca juga: Serangan Israel Bunuh Jenderal Senior Iran di Suriah

Moussavi menjadi sasaran tak lama setelah dia memasuki area peternakan di daerah yang dikuasai kelompok yang didukung Iran itu. Warga di distrik Sayyida Zeinab di selatan Damaskus, tempat serangan terjadi, melaporkan bahwa kelompok yang didukung Iran telah memperketat keamanan di sana.

Pada Senin, Presiden Iran Ebrahim Raisi menyatakan belasungkawa atas kematian Moussavi. Ia mengatakan Israel, "Pasti akan membayar kejahatan ini."

Baca juga: Tentara Israel Tangkap Anggota Parlemen Senior Palestina Khalida Jarrar

Pernyataan IRGC mengatakan bahwa Moussavi ialah pendamping Qasem Soleimani, mantan pemimpin pasukan Quds yang terbunuh dalam serangan pesawat tak berawak AS di Baghdad hampir empat tahun lalu. Belum ada komentar langsung dari Israel, yang telah mengintensifkan serangan di Suriah, khususnya terhadap gerakan Hizbullah yang didukung Iran di Libanon, sejak perangnya dengan Hamas, yang didukung Teheran, dimulai pada Oktober.

Iran telah lama mendukung pemerintahan Presiden Suriah Bashar al-Assad. Teheran dan kelompok-kelompok yang didukungnya membantunya merebut kembali wilayah yang hilang dalam perang lebih dari satu dekade.

Baca juga: Investigasi Bongkar Klaim Israel bahwa Rumah Sakit Gaza terkait Hamas

Israel jarang berkomentar mengenai laporan serangan di Suriah, tetapi berulang kali mengatakan pihaknya tidak akan membiarkan musuh bebuyutannya, Iran, memperluas kehadirannya di sana. Lebih dari setengah juta orang telah tewas dalam perang Suriah yang meletus pada 2011 setelah penumpasan brutal terhadap protes antipemerintah. (AFP/Z-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat