visitaaponce.com

Majni Putin Tawarkan Tambah Pasokan Gas ke Eropa Melalui Nord Stream 2

 Majni Putin Tawarkan Tambah Pasokan Gas ke Eropa Melalui Nord Stream 2
Presiden Rusia Vladimir Putin(AFP )

Presiden Rusia Vladimir Putin mengatakan Moskow siap untuk melanjutkan pasokan gas ke Uni Eropa melalui jalur pipa Nord Stream 2 yang menuju Jerman di bawah Laut Baltik, namun tawaran itu dengan cepat ditolak oleh Berlin.

Berbicara di forum energi Moskow pada Rabu, Putin mengatakan bahwa salah satu dari dua jalur pipa tetap bertekanan meskipun serangkaian putus bulan lalu yang menyebabkan kebocoran besar, mengirim gas memuntahkan lepas pantai Denmark dan Swedia.

Pipa Nord Stream 1 juga pecah oleh ledakan bawah laut yang kuat pada bulan September.

Para pejabat Barat mengaitkan insiden itu dengan sabotase tetapi menahan diri untuk tidak mengaitkan tanggung jawab atas ledakan itu sementara penyelidikan oleh pejabat Jerman, Denmark dan Swedia terus berlanjut.

Putin mengatakan bahwa jika pemeriksaan membuktikan tautan Nord Stream 2 aman untuk dioperasikan, Rusia siap menggunakan pipa untuk memompa gas ke Eropa, menambahkan kapasitasnya mencapai 27 miliar meter kubik (bcm) per tahun.

Pipa Nord Stream 2 tidak pernah membawa gas alam ke Eropa karena Jerman mencegah aliran dimulai tepat sebelum Rusia melancarkan aksi militer di Ukraina pada 24 Februari.

Putin juga mengulangi tuduhan sebelumnya bahwa Amerika Serikat kemungkinan berada di balik ledakan di jalur pipa Nord Stream, tanpa memberikan bukti apa pun untuk mendukung klaimnya, dan melontarkan gagasan untuk menciptakan pusat gas alternatif Eropa melalui Turki.

“Tindakan sabotase Nord Stream 1 dan 2 adalah tindakan terorisme internasional yang bertujuan merusak keamanan energi di seluruh benua dengan memblokir pasokan energi murah,” kata Putin, menuduh bahwa AS ingin memaksa Eropa untuk beralih ke impor. gas alam cair yang lebih mahal. (Aljazeera/OL-12)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Retno Hemawati

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat