visitaaponce.com

Diundang Xi, Kepala UE Ingin Tiongkok Hentikan Perang di Ukraina

Diundang Xi, Kepala UE Ingin Tiongkok Hentikan Perang di Ukraina
Kepala Uni Eropa Charles Michel(AFP/Michael M. Santiago)

KEPALA Uni Eropa Charles Michel berangkat ke Beijing pada Selasa (29/11), untuk memenuhi undangan Presiden Tiongkok Xi Jinping. Michael membawa agenda untuk meminta Tiongkok menghentikan bantuan kepada Rusia.

Pada hari yang sama, badan keamanan tertinggi Tiongkok, Komisi Urusan Politik dan Hukum Pusat Partai Komunis, yang berkuasa, menyerukan tindakan keras terhadap protes anti-pengetatan penanggulangan covid-19.

Tetapi Michel, presiden Dewan Eropa yang mewakili 27 pemerintah negara anggota Uni Eropa, juga akan meminta Xi membujuk Rusia menyudahi perang di Ukraina.

"Charles Michel diundang oleh Presiden Xi. Ketika seseorang diundang oleh Presiden Tiongkok, apakah dia mengatakan tidak?," kata seorang pejabat Eropa.

Baca juga: Protes Kebijakan Nol-Covid Tiongkok Tingkatkan Tekanan Ekonomi

Michel juga akan berusaha untuk membahas hubungan bisnis UE dan Tiongkok. Michel akan tiba di Beijing pada Rabu (30/11) dan bertemu dengan Xi pada Kamis (1/12) sebelum melakukan pembicaraan dengan Perdana Menteri Tiongkok.

Pekan lalu kebakaran mematikan di Urumqi, ibu kota wilayah barat laut Xinjiang, menjadi pemicu gelombang kemarahan publik Tiongkok. Mereka pun turun ke jalan meminta Xi melonggarkan kebijakan penanggalan covid-19.

Beijing adalah ekonomi besar terakhir yang masih memberlakukan penguncian ketat untuk mengendalikan penyebaran covid-19 dan demonstran menyalahkan aturan yang tidak populer itu karena menghambat respons penyelamatan kebakaran.(AFP/OL-5)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat