visitaaponce.com

40 Ribu Warga Los Angeles Hidup Terlantar di Jalanan

40 Ribu Warga Los Angeles Hidup Terlantar di Jalanan
Para tuna wisma yang tinggal di jalanan Kota Los Angeles, California, Amerika Serikat, Selasa (6/12).(Frederic J. BROWN / AFP)

OTORITAS Los Angeles, Amerika Serikat (AS) mengumumkan keadaan darurat atas tingkat tunawisma yang melonjak pada Senin (12/12). Masalah ini paling sulit diatasi akibat kondisi ekonomi yang menghimpit sehingga warga kota tersebut kesulitan membayar sewa rumah.

Puluhan ribu orang harus tidur di jalanan Los Angeles setiap malam. Pemandangan itu paling kontras karena terjadi di kota terkaya di planet ini.

Masalah kesehatan mental dan masalah penyalahgunaan zat adiktif juga membayangi persoalan tunawisma. Wali Kota Los Angeles Karen Bass, yang baru dilantik pada Minggu (11/12) berjanji akan berusaha mengatasi persoalan ini.

"Saya tidak akan menerima krisis tunawisma yang menimpa lebih dari 40 ribu orang dan memengaruhi kita semua. Mandat saya adalah menggerakkan Los Angeles ke arah baru dengan pendekatan yang mendesak dan strategis untuk menyelesaikan salah satu tantangan terberat kota kita," ujarnya.

Baca juga: Inflasi Menggila, PM Bangladesh Dituntut Turun

Bass, wanita pertama yang memimpin kota, menandatangani deklarasi itu di sebuah ruangan yang ditunjuk sebagai Pusat Tanggap Tunawisma Bersatu. Ia mengatakan bangunan itu akan menjadi pengingat dan kekuatan untuk merealisasikan janjinya.

"Menggunakan status darurat adalah kemampuan kami untuk melacak sesuatu dengan cepat," kata Bass.

Selama beberapa hari mendatang, Bass mengatakan dia akan menandatangani serangkaian perintah eksekutif yang menargetkan tunawisma, menjanjikan pendekatan agresif untuk menyediakan perumahan sementara dengan menyewakan apartemen dan kamar motel.

Bass, mantan anggota kongres AS, memenangkan jabatannya dalam pertarungan langsung dengan pengembang properti kaya Rick Caruso.

Los Angeles akan menjadi tuan rumah Olimpiade pada 2028 dan para pengamat mengatakan pejabat kota akan sangat bersemangat untuk membersihkan trotoar dari deretan tenda tunawisma. (AFP/Cah/OL-09)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Deri Dahuri

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat