visitaaponce.com

Gencatan Senjata Sepihak Putin akan Dimulai di Ukraina

Gencatan Senjata Sepihak Putin akan Dimulai di Ukraina
Suasana di wilayah Dolyna, Ukraina Timur.(Sameer Al-DOUMY / AFP)

GENCATAN senjata singkat yang diumumkan oleh Presiden Rusia Vladimir Putin tetapi ditolak oleh Ukraina sebagai isyarat kosong akan berlaku pada hari Jumat sebagai jeda penuh pertama sejak invasi Moskow pada Februari 2022.

Perintah Putin untuk menghentikan pertempuran selama 36 jam selama Natal Ortodoks, datang setelah Moskow menderita kerugian terburuk yang dilaporkan dalam perang. Sekutu Ukraina berjanji untuk mengirim kendaraan lapis baja dan baterai pertahanan udara Patriot kedua untuk membantu Kyiv.

Seorang pejabat senior Ukraina mengatakan tak lama setelah dimulainya jeda pertempuran Rusia bahwa pasukan Moskow telah menyerang kota selatan Kherson dalam serangan yang menyebabkan beberapa orang tewas atau terluka.

"Setidaknya ada empat ledakan. Mereka berbicara tentang gencatan senjata. Kami berperang dengan siapa," kata Kyrylo Tymoshenko, wakil kepala administrasi kepresidenan.

Dia tidak mengatakan apakah serangan itu sendiri terjadi sebelum atau setelah waktu dimulainya gencatan senjata.

Kedua negara merayakan Natal Ortodoks dan perintah pemimpin Rusia datang menyusul seruan gencatan senjata dari Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan dan pemimpin spiritual Rusia Patriarch Kirill, seorang pendukung setia Putin.

Baca juga: Pemimpin Kristen Ortodok Rusia Dukung Putin Serang Ukraina Timur

Penghentian akan dimulai pada Jumat (0900 GMT) dan berlangsung hingga akhir Sabtu (2100 GMT), kata Kremlin.

Ukraina telah menolaknya sebagai strategi Rusia untuk mendapatkan waktu untuk menyusun kembali pasukannya dan memperkuat pertahanannya setelah serangkaian pembalikan medan perang.

Presiden Volodymyr Zelensky mengatakan gencatan senjata sepihak tidak dapat dan tidak boleh dianggap serius. Sementara seorang penasihat dekat mengatakan Rusia harus meninggalkan wilayah pendudukan agar benar-benar berhenti dalam permusuhan.

Presiden AS Joe Biden juga sama-sama meremehkan.

"Dia siap mengebom rumah sakit dan pembibitan dan gereja pada 25 Desember dan pada Hari Tahun Baru," katanya.

"Kurasa dia sedang mencari oksigen. Menteri Luar Negeri Inggris James Cleverly menulis di Twitter: "Jeda 36 jam serangan Rusia tidak akan menghasilkan apa-apa untuk memajukan prospek perdamaian.” (AFP/OL-4)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Akhmad Mustain

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat