visitaaponce.com

Presiden Lepas Bantuan Logistik 140 Ton ke Turki-Suriah

Presiden Lepas Bantuan Logistik 140 Ton ke Turki-Suriah
Presiden Joko Widodo saat melepas bantuan bagi korban gempa di Turki dan Suriah.(MI/Andhika Prasetyo)

PEMERINTAH Indonesia mengirim bantuan berupa makanan, pakaian, dan keperluan logistik lainnya seberat 140 ton ke Turki dan Suriah.

Bantuan tersebut diberangkatkan dengan empat pesawat terbang melalui Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta, Selasa (21/2).

Presiden Joko Widodo, yang melepas langsung pengiriman itu, mengatakan misi kemanusiaan menjadi prioritas bagi Indonesia.

Baca juga: Gempa Kembali Guncang Turki dan Suriah, Tiga Orang Tewas

Itu akan terus dijalankan terutama untuk membantu para korban gempa di Turki dan Suriah.

"Diplomasi kemanusiaan terus menerus dilakukan oleh Indonesia. Pada pagi hari ini, kita mengirimkan empat pesawat ke Turki dan Suriah. Ini berisi 140 ton bahan makanan dan bahan-bahan logistik lainnya yang sangat diperlukan di sana," ujar Jokowi di Halim Perdanakusuma, Jakarta, Selasa (21/2).

Kepala Negara berharap makanan dan seluruh logistik yang disuplai bisa memberikan manfaat maksimal bagi masyarakat di dua negara yang terdampak bencana alam besar di awal tahun ini.

"Kita harapkan apa yang kita kirimkan ini nanti dapat membantu saudara-saudara kita yang ada di sana," ucap mantan wali kota Surakarta itu.

Sebelumya, Indonesia juga sudah mengirim bantuan berupa sumber daya manusia yang terdiri dari petugas Medium Urban Search and Rescue (MUSAR) dan Emergency Medical Team (EMT).

MUSAR yang berjumlah 65 personel beserta perlengkapan dan logistik berupa bahan makanan, selimut, diberangkatkan pada 11 Februari lalu.

Adapun, EMT yang beranggotakan 119 personel diterbangkan pada 13 Februari.

"Kita kirim tim SAR dan tim medis serta rumah sakit lapangan yang sangat membantu plus juga pesawat Hercules yang sangat membantu awal-awal evakuasi korban-korban bencana gempa," tandasnya. (OL-1)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat