visitaaponce.com

Korban Tewas Gempa Turki-Suriah Tembus 50.132 Orang

Korban Tewas Gempa Turki-Suriah Tembus 50.132 Orang
Ilustrasi pertolongan korban gempa di Turki(OMAR HAJ KADOUR / AFP)

Korban tewas akibat gempa bumi di Turki dan Suriah yang melanda pada Senin (6/2), menyentuh 50.132 orang. Data yang dirangkum pada Jumat (24/2), itu muncul setelah Turki menyatakan lebih dari 44ribu orang meninggal dalam bencana ini.

Otoritas Manajemen Bencana dan Darurat Turki (AFAD) mengatakan jumlah korban tewas di Turki akibat gempa bumi naik menjadi 44.218 pada Jumat (24/2), malam. Sementara jumlah korban tewas yang diumumkan Suriah sebanyak 5.914, jumlah korban tewas gabungan di kedua negara naik menjadi 50.132 jiwa.

Indonesia bantu Turki dan Suriah
Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy mengatakan diplomasi kemanusiaan yang dilakukan untuk Turki-Suriah terus berlanjut dan menjadi rujukan untuk agenda bantuan kemanusiaan berikutnya. "Akan segera ditindaklanjuti hal yang didapatkan selama diplomasi kemanusiaan. Seluruh tim telah bertemu dengan beberapa pejabat di Turki yang akan menjadi rujukan untuk agenda berikutnya," kata Muhadjir Effendy.

Dia menekankan bahwa Indonesia akan terus memberikan dukungan semaksimal mungkin untuk membantu penanganan usai gempa. "Pada intinya, Indonesia secara maksimal akan memberikan dukungan karena rakyat Indonesia dan Turki adalah bersaudara, derita rakyat Turki adalah derita rakyat Indonesia. Oleh karena itu sudah seharusnya Indonesia membantu. Begitu pula dengan apa yang pernah dilakukan Pemerintah Turki ketika Indonesia dalam kesusahan yang secara cepat datang untuk membantu," katanya.

Muhadjir menjelaskan bahwa agenda bantuan kemanusiaan lanjutan yang dimaksud, antara lain bantuan rehabilitasi dan rekonstruksi pascagempa dan bantuan obat-obatan, vaksin, hingga serum tetanus yang diperlukan pascabencana. (AFP/OL-12)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Retno Hemawati

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat