visitaaponce.com

PM Australia akan Temui Joe Biden Bahas Kesepakatan soal Kapal Selam Nuklir

PM Australia akan Temui Joe Biden Bahas Kesepakatan soal Kapal Selam Nuklir
Perdana Menteri Australia Anthony Albanese(AFP/Saeed Khan)

PERDANA Menteri Australia Anthony Albanese akan melakukan bertolak ke Washington DC, Amerika Serikat untuk bertemu dengan Presiden AS Joe Biden. Pertemuan itu untuk menindaklanjuti rencana Australia untuk membangun kapal selam bertenaga nuklir.

Albanese, yang dijadwalkan tiba di India memberikan sedikit rincian tentang perjalanannya yang akan datang ke Amerika Serikat dan mengatakan akan ada pengumuman kemudian mengenai kunjungan tersebut.

"Saya akan bertemu dengan Presiden Biden di Amerika Serikat. Kami akan segera mengumumkan lebih lanjut tentang rincian tentang pengaturan yang akan dilakukan," kata Albanese kepada para wartawan di Bandara Perth sebelum menaiki pesawatnya ke India.

Baca juga : Hadapi Ancaman Tiongkok, Pejabat Tinggi AS Temui Presiden Taiwan

"Saya akan menantikan kelanjutan hubungan yang saya miliki dengan pemerintah AS,” sebutnya.

Sydney Morning Herald melaporkanl Albanese diperkirakan akan menandatangani pakta yang telah lama ditunggu-tunggu untuk membangun armada kapal selam nuklir selama kunjungannya ke AS minggu depan.

Baca juga : Perubahan Iklim Picu Kerugian di AS

Albanese diperkirakan akan menghadiri upacara penandatanganan pada hari Senin di San Diego dengan Biden dan Perdana Menteri Inggris Rishi Sunak.

Perjanjian kapal selam ini berlangsung di bawah naungan AUKUS, sebuah aliansi baru yang terdiri dari Australia, Inggris, dan Amerika Serikat yang bertujuan untuk berbagi teknologi militer dan teknologi lainnya. 

Namun, pertanyaan-pertanyaan besar masih membayangi proyek tersebut, seperti apakah Australia akan membeli teknologi kapal selam AS atau Inggris, di mana kapal selam mereka akan dibangun, dan kapan kapal selam tersebut akan mulai beroperasi.

Sumber yang dirujuk oleh Sydney Morning Herald menyebutkan, beberapa legislator di AS percaya bahwa beberapa kapal selam Australia dapat dibangun di AS untuk mempercepat penyebarannya ke Pasifik.

Kesepakatan tersebut, yang diyakini melibatkan delapan kapal selam bertenaga nuklir, muncul di tengah kekhawatiran di Australia dan AS tentang kehadiran Tiongkok yang semakin tegas di wilayah Pasifik. Albanese mengatakan bulan lalu bahwa aliansi AUKUS merupakan lompatan terbesar dalam kemampuan pertahanan dalam sejarah Australia.

"Kemitraan AUKUS berupaya memberikan kemampuan kapal selam bertenaga nuklir bersenjata konvensional kepada Australia sesegera mungkin," kata juru bicara Pentagon kepada kantor berita AFP menjelang pengumuman Albanese.

(aljazeera/Z-5)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Ghani Nurcahyadi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat