visitaaponce.com

PM Jepang Mendadak ke Ukraina untuk Bertemu Zelensky

PM Jepang Mendadak ke Ukraina untuk Bertemu Zelensky 
PM Jepang Fumio Kishida (kiri) dan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky (kanan).(AFP/YOSHIKAZU TSUNO/LUDOVIC MARIN)

PERDANA Menteri Jepang Fumio Kishida secara mendadak menyambangi Kyiv, Ukraina, Selasa (21/3). Kedatangannya itu dimaksudkan untuk bertemu dengan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky. 

Kishida, yang bermaksud untuk memberi dukungan untuk Ukraina, menjadi pemimpin G7 terakhir yang mengunjungi negara yang dilanda perang itu. Dia mendapat tekanan yang kuat belakangan ini untuk mendatangi Ukraina karena Jepang bakal menjadi tuan rumah KTT G7 pada Mei mendatang.

Berulang kali Kishida mengatakan bahwa kunjungan ke Kyiv sedang dipertimbangkan, meskipun tantangan keamanan dan logistik dilaporkan menjadi hambatan utama. Akhirnya dia memutuskan untuk ke Ukraina melalui Polandia setelah pergi ke India awal pekan ini.

Baca juga: Jubir Kremlin: Putin dan Xi Bahas Formula Perdamaian di Ukraina

Kishida diperkirakan akan kembali ke Polandia untuk melakukan pembicaraan tingkat tinggi pada Rabu (22/3), sebelum tiba kembali di Tokyo pada hari Kamis.

Jepang sejauh ini telah bergabung dengan sekutu-sekutu Barat dalam memberikan sanksi kepada Rusia atas invasinya ke Ukraina, sambil menawarkan dukungan kepada Kyiv. Negeri Sakura juga telah mengambil langkah yang jarang dilakukan, yaitu mengirimkan peralatan pertahanan dan menawarkan perlindungan bagi mereka yang melarikan diri dari konflik.

Baca juga: 12 Poin Proposal Perdamaian Rusia-Ukraina Jadi Buah Tangan Xi untuk Putin

Namun, Jepang belum menawarkan dukungan militer karena konstitusi pascaperang negara ini membatasi kapasitas militernya hanya untuk tindakan-tindakan pertahanan. (Z-6)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Budi Ernanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat