visitaaponce.com

Korsel, AS, Jepang Gelar Latihan Hadapi Ancaman Korea Utara

Korsel, AS, Jepang Gelar Latihan Hadapi Ancaman Korea Utara
Warga melintas di depan tayangan stasiun tv Korea Selatan yang menampilkan uji coba senjata nuklir Korea Utara(AFP)

TIGA negara yakni Korea Selatan, Amerika Serikat dan Jepang sepakat untuk menggelar latihan pertahanan rudal dan anti kapal selam secara bersama-sama. 

Keputusan tersebut diambil berdasarkan hasil perundingan pertahanan tingkat senior ketiga negara di Washington guna menangkal ancaman Korea Utara yang semakin membesar.

Mereka bersepakat dalam Perundingan Trilateral Pertahanan (DTT) pada Jumat (waktu setempat), di tengah ketegangan yang disebabkan uji coba senjata terbaru Pyongyang, termasuk rudal balistik antarbenua Hwasong-18 (ICBM) pada Kamis.

Baca juga : 

"Perwakilan ketiga negara memutuskan untuk rutin melakukan latihan pertahanan rudal dan antikapal selam guna menangkal dan menghadapi ancaman nuklir dan rudal Korea Utara," kata Kementerian Pertahanan Korea Selatan melalui keterangan resminya. 

Baca juga : 

Ketiga negara juga sepakat melakukan konsultasi tentang cara melanjutkan program pelatihan trilateral, termasuk larangan maritim dan operasi anti pembajakan.

Wakil Menteri Pertahanan untuk Kebijakan Korsel Heo Tae-keun, Asisten Menteri Pertahanan AS untuk Urusan Keamanan Indo-Pasifik Ely Ratner dan Direktur Jenderal untuk Kebijakan Pertahanan Jepang Kazuo Masuda memimpin delegasi masing-masing.

DTT sebelumnya diadakan pada 2020. Perundingan itu tidak digelar pada 2021 dan tahun lalu akibat pandemi COVID-19 dan karena Seoul dan Tokyo bersitegang. (Z-8)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putra Ananda

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat