visitaaponce.com

Penobatan Raja Charles III Menampilkan Salib Peninggalan Yesus

Penobatan Raja Charles III Menampilkan Salib Peninggalan Yesus
Salib yang dipercaya berisi pecahan salib yesus akan digunakan dalam penobatan Raja Charles III, Mei mendatang.(AFP)

SEBUAH salib perak seremonial berisi pecahan yang dikatakan Vatikan berasal dari salib yang digunakan untuk menyalibkan Yesus Kristus diberkati pada hari Rabu. Rencananya salib itu akan digunakan dalam penobatan Raja Charles III awal bulan depan.

Paus Fransiskus memberikan dua fragmen Salib Sejati, satu sepanjang 5 milimeter dan yang lainnya 1 sentimeter. Pemberian itu sebagai hadiah menandai penobatan raja Charles dan Camilla sebagai ratu pada 6 Mei.

Fragmen ini telah dibuat menjadi salib kecil dan dimasukkan ke dalam desain keseluruhan, terlihat di balik batu permata kristal mawar.

Baca juga: Lebaran di Vietnam

Uskup Agung Wales, Andrew John, ikut memberkati Salib Wales yang baru di hadapan pejabat dan umat paroki dalam kebaktian di Llandudno, Wales utara. Sekarang salib itu akan dibawa ke London untuk dipakai di depan prosesi penobatan.

Uskup agung mengatakan salib ini sebagai suatu warisan Kristiani yang bertahan sejak lama, yang menunjukan komitmen umat Katolik pada keberlanjutannya. 

Baca juga: Pangeran Harry akan Hadir di Penobatan Ayahnya Jadi Raja Inggris Tanpa Meghan

"Pemberian fragmen ini, berbicara tentang iman Kristiani kita, warisan kita, sumber daya kita dan komitmen kita terhadap keberlanjutan,” ungkap Uskup Agung Andrew John.

"Kami juga senang bahwa penggunaan pertamanya adalah untuk memandu Yang Mulia (Charles dan Camilla) ke Westminster Abbey pada upacara penobatan,” lanjutnya.

Charles mempersembahkan Salib Wales kepada Gereja Anglikan di Wales untuk menandai ulang tahun keseratusnya. Desainer Michael Lloyd membutuhkan waktu dua tahun untuk membuatnya dan dibuat dari batangan perak daur ulang, dengan pecahan kayu Welsh, dan batu tulis.

Setelah penobatan, salib itu akan dibagikan oleh gereja Anglikan dan Katolik Roma di Wales. Charles menerapkan tanda otentikasi raja berupa kepala macan tutul ke elemen perak salib selama kunjungan ke The Goldsmiths 'Center di London tahun lalu. (Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat