visitaaponce.com

Ketegangan Tiongkok-Taiwan Terus Mencuat

Ketegangan Tiongkok-Taiwan Terus Mencuat
Pesawat tempur J-20 milik Tiongkok.(AFP/CNS)

TIONGKOK berencana kembali melakukan latihan militer di tengah ketegangan yang meningkat dengan Taiwan dan Amerika Serikat (AS). Latihan akan dilakukan selama lima kali di berbagai wilayah, termasuk di perairan di dekat pantai dan Laut China Selatan.

Administrasi Keselamatan Maritim Tiongkok mengatakan salah satu latihan akan diadakan selama tiga hari di perairan di dekat kota pelabuhan Qingdao.

"Kegiatan militer besar juga akan dilakukan di area yang sama dari pukul 9:00 pagi (waktu setempat) hingga tengah hari pada Selasa, (25/4),” sebut pernyataan lembaga itu.

Baca juga: Antisipasi Invasi Tiongkok, Warga Taiwan Belajar Teknik Pertahanan Diri

Agensi memperingatkan pelaut untuk tidak memasuki perairan di lepas pantai provinsi Shandong, sebuah area yang merupakan lokasi latihan militer yang jauh dari wilayah mitra keamanan regional (AS).

Beijing juga menyatakan area di sebelah utara Taiwan sebagai area terlarang. Sebab, terdapat risiko jatuhnya puing dari peluncuran satelit cuaca milik Tiongkok.

Baca juga: Hubungan AS-Tiongkok Memanas, Negara Lain Diminta Beri Respons

Hubungan antara Tiongkok dan Taiwan semakin memanas setelah Presiden Taiwan Tsai Ing-wen bertemu dengan Ketua DPR AS Kevin McCarthy di California awal April ini. Hal itu memicu Tiongkok untuk melakukan latihan militer.

Tentara Pembebasan Rakyat (PLA) juga akan melakukan latihan mulai Jumat (21/4) hingga Minggu (23/4), di Laut China Selatan. (CNA/Z-6)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Budi Ernanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat