visitaaponce.com

Joe Biden akan Lakukan Kunjungan Bersejarah ke Papua Nugini

Joe Biden akan Lakukan Kunjungan Bersejarah ke Papua Nugini
Presiden Amerika Serikat Joe Biden.(AFP/BRENDAN SMIALOWSKI )

PRESIDEN Amerika Serikat (AS) Joe Biden akan mengunjungi Papua Nugini pada bulan depan. Menteri Luar Negeri Papua New Guinea Justin Tkatchenko mengatakan Biden akan tiba di Port Moresby pada 22 Mei pagi.

"Dia (Biden) akan tiba pada 22 Mei, pagi hari, dan hanya untuk tiga jam," kata Tkatchenko, Kamis (27/4), yang juga menerangkan bahwa Biden akan berdiskusi tentang ekonomi, pertahanan-keamanan, dan juga perubahan iklim di Papua New Guinea.

Kunjungan Biden dilakukan di tengah agenda KTT G7 yang akan berlangsung di Jepang dan KTT Quad di Australia. KTT G7 akan berlangsung pada 19-21 Mei. Sedangkan KTT Quad yang diikuti AS, Jepang, India, dan Australia pada 24 Mei.

Baca juga: Joe Biden akan Kembali Maju di Pilpres Amerika Serikat pada 2024

Kunjungan Biden ke Papua Nugini akan menjadi yang pertama kalinya dilakukan oleh seorang Presiden AS dalam satu abad terakhir jika menengok catatan Kementerian Luar Negeri AS pada 1901.

Tapi, sejumlah menteri luar negeri AS telah melakukannya termasuk Hillary Clinton pada 2010 dan juga Wakil Presiden Mike Pence pada 2018 menggantikan Presiden AS ke-45 Donald Trump saat itu.

Biden sepertinya nanti akan menegaskan kerja sama pertahanan kedua negara yang memungkinkan dilakukannya latihan tempur bersama dan pengembangan infrastruktur pertahanan-keamanan.

Baca juga: Presiden Korea Selatan Bertolak ke Amerika Serikat untuk Bertemu Biden

Tapi, kunjungan Biden akan terkesan menjadi reaksi dari kedatangan Presiden Tiongkok Xi Jinping di Port Moresby pada 2018. AS dan Australia khawatir dengan pengaruh Tiongkok di Papua Nugini.

Tapi, Tiongkok di Asia-Pasifik telah membangun hubungan dengan Kepulauan Solomon pada tahun lalu. Menurut AFP, ada kerja sama di bidang pertahanan-keamanan yang mengizinkan Tiongkok mengerahkan pasukannya ke negara itu. (Z-6)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Budi Ernanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat