visitaaponce.com

NATO Ukraina telah Terima 98 Kendaraan Tempur yang Dijanjikan

NATO: Ukraina telah Terima 98% Kendaraan Tempur yang Dijanjikan
Tank militer Ukraina di kota Kharkiv.(AFP/Bobok)

Sekutu-sekutu NATO dan negara-negara mitra telah memberikan 1.550 kendaraan lapis baja dan 230 tank kepada Ukraina. Bantuan diberikan untuk membentuk unit-unit dan membantu Ukraina merebut kembali wilayahnya dari pasukan Rusia.

Sekretaris Jenderal NATO, Jens Stoltenberg mengatakan pengiriman tersebut merupakan lebih dari 98 persen kendaraan tempur yang dijanjikan kepada Ukraina selama invasi dan perang Rusia, memberikan pukulan yang lebih besar bagi Kyiv saat mereka mempertimbangkan untuk melancarkan serangan balasan.

"Secara total, kami telah melatih dan melengkapi lebih dari sembilan brigade lapis baja Ukraina yang baru. Hal ini akan menempatkan Ukraina pada posisi yang kuat untuk terus merebut kembali wilayah yang diduduki,” kata Stoltenberg dalam sebuah konferensi pers.

Lebih dari 30.000 tentara diperkirakan akan membentuk brigade baru tersebut. Sekutu-sekutu Ukraina juga telah mengirimkan amunisi dalam jumlah besar dan beberapa negara mitra NATO, seperti Swedia dan Australia, juga telah menyediakan kendaraan lapis baja.

Baca juga: Rusia Kembali Kuasai Tiga Distrik di Bakhmut

Negara-negara anggota NATO juga telah menyediakan sistem anti-pesawat dan artileri, sementara Polandia dan Republik Ceko telah memberikan pesawat MiG-29 buatan Soviet.

Stoltenberg menekankan dukungan militer yang belum pernah terjadi sebelumnya untuk Ukraina tetapi memperingatkan pihaknya tidak boleh meremehkan Rusia.

"Moskow mengerahkan lebih banyak pasukan darat dan bersedia mengirim ribuan pasukan dengan tingkat korban yang sangat tinggi," katanya.

Dalam menghadapi apa yang tampaknya merupakan konflik yang berkepanjangan, negara-negara NATO harus tetap berada di jalur yang benar dan terus memberikan apa yang dibutuhkan Ukraina untuk menang.

Baca juga: Rudal Rusia Hantam Museum Ukraina, Zelensky: Barbar!

Stoltenberg mengatakan, pertemuan puncak NATO pada bulan Juli di Lithuania akan menetapkan rencana untuk program dukungan multi-tahun untuk Ukraina.

"Ini akan menempatkan Ukraina pada posisi yang kuat untuk terus merebut kembali wilayah-wilayah yang telah diduduki," sebut Stoltenberg kepada para wartawan di Brussels.

Komentarnya muncul sehari setelah Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy mengatakan ia dan pemimpin Tiongkok Xi Jinping melakukan panggilan telepon yang panjang dan bermakna dalam kontak pertama mereka yang diketahui sejak invasi Rusia lebih dari setahun yang lalu.

Meskipun Zelenskyy mengatakan ia terdorong oleh panggilan telepon pada hari Rabu dan para pejabat Barat menyambut baik langkah Xi, perkembangan ini tampaknya tidak membawa perubahan langsung pada prospek perdamaian.

Rusia dan Ukraina memiliki pandangan yang berbeda dalam hal perdamaian, dan Beijing telah menolak untuk mengkritik invasi Moskow.

Pemerintah Tiongkok telah memandang Rusia sebagai sekutu diplomatik dalam menentang pengaruh AS dalam urusan global, dan Xi mengunjungi Moskow bulan lalu.

"Mungkin perang ini akan berakhir di meja perundingan," kata Stoltenberg.

Namun ia menekankan bahwa adalah tugas Ukraina untuk memutuskan apa saja syarat-syarat untuk perundingan dan format perundingan yang seharusnya.

Bagaimanapun, Stoltenberg mengatakan, setiap kemungkinan untuk negosiasi yang berarti mengharuskan Ukraina memiliki kekuatan militer yang diperlukan untuk mengirim pesan yang sangat jelas kepada Presiden Putin bahwa ia tidak akan menang di medan perang.

(Aljazeera/Z-9)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putri Rosmalia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat