visitaaponce.com

Bandara Ngurah Rai Siapkan 18 Parkir Pesawat untuk Delegasi KTT ASEAN

PT Angkasa Pura I menyiapkan 18 parking stand khusus di Bandara I Gusti Ngurah Rai, Bali untuk lokasi parkir pesawat delegasi selama penyelenggaraan KTT ASEAN 2023, 9-11 Mei di Labuan Bajo, Nusa Tenggara  Timur (NTT). Parkiran itu untuk pesawat kepresidenan dan delegasi. 

Selain itu Angkasa Pura I menyiapkan tiga bandara pendukung sebagai lokasi parkir pesawat jika diperlukan, yakni Bandara Internasional Lombok dengan 6 parking stand, Bandara El Tari Kupang dengan 4 parking stand, dan Bandara Sultan Hasanuddin Makassar dengan 8 parking stand. Total, Angkasa Pura I menyiapkan 36 parking stand di empat bandara.

"PT Angkasa Pura I siap untuk mendukung kelancaran penyelenggaraan KTT ASEAN 2023 melalui dukungan infrastruktur bandara untuk melayani kedatangan dan keberangkatan delegasi peserta KTT, serta lokasi parkir pesawat para delegasi baik itu pesawat kepresidenan maupun delegasi pendukung," ujar Direktur Utama PT Angkasa Pura I Faik Fahmi, Selasa (9/5).

Baca juga: Menkominfo Pastikan Kesiapan Media Center KTT ke-42 ASEAN

Di Bandara Lombok, kata Faik, bisa digunakan parkir 6 pesawat narrow body. Di Kupang diperuntukan 2 pesawat jenis narrow body dan 2 pesawat small body, dan Bandara Sultan Hasanuddin Makassar dengan konfigurasi 8 pesawat narrow body.

Untuk melayani kedatangan delegasi setingkat kepala negara dan/atau pemerintahan, Angkasa Pura I telah menyiapkan Gedung VVIP Bandara I Gusti Ngurah Rai. Sedangkan untuk delegasi setingkat menteri akan dilayani melalui Gedung VIP, delegasi biasa melalui terminal internasional, serta delegasi yang menggunakan penerbangan charter dan jet pribadi akan dilayani melalui General Aviation Terminal (GAT).

Baca juga: Sejumlah Prioritas Keketuaan Indonesia Jadi Fokus Pertemuan Pejabat Senior

"Kami juga secara khusus mengalokasikan beberapa personel untuk ditugaskan sementara di Bandara Labuan Bajo untuk dukungan operasional dan untuk membantu koordinasi pengaturan pesawat delegasi peserta KTT ASEAN 2023," pungkas Faik Fahmi. (Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat