visitaaponce.com

Warga Palestina Hadapi Pawai Sayap Kanan Israel di Yerusalem Timur

Warga Palestina Hadapi Pawai Sayap Kanan Israel di Yerusalem Timur
Warga Yahudi berada di Temple Mount atau yang lebih dikenal sebagai Masjid Al Aqsa.(AFP/AHMAD GHARABLI )

PIHAK berwenang Israel telah meningkatkan keamanan di Yerusalem, khususnya di Kawasan Muslim di Kota Tua, menjelang pawai tahunan Hari Bendera yang dilakukan oleh umat Yahudi Ortodoks dan para pemukim di wilayah Palestina yang diduduki.

Lebih dari 2.000 polisi dikerahkan ketika para peserta pawai yang membawa bendera perlahan-lahan mulai berkumpul di dekat kompleks Masjid Al-Aqsa, mereka akan berpartisipasi dalam pawai tersebut, dan merayakan perebutan Yerusalem Timur pada tahun 1967 dan pendudukan selanjutnya.

Aneksasi Israel atas Yerusalem Timur dan Kota Tua tidak pernah diakui oleh komunitas internasional.

Baca juga: Salleh Sabra Warga Palestina ke-119 yang Mati Ditembak Tentara Israel

Puluhan ribu warga Israel diperkirakan akan berpartisipasi dalam pawai yang telah menyaksikan kekerasan dalam beberapa tahun terakhir, pasalnya para peserta pawai telah menggunakan provokasi terhadap warga Palestina, termasuk slogan-slogan seperti "Kematian bagi orang Arab".

Koresponden Al Jazeera Eliyahu Freedman melaporkan polisi anti huru-hara berjaga-jaga untuk mengantisipasi potensi kerusuhan, tetapi kompleks itu masih kosong pada dini hari.

Baca juga: Israel Larang Warga Yahudi Masuki Temple Mount

Antrean mulai terbentuk pada Kamis pagi menuju pintu masuk kompleks, karena mereka percaya bahwa di sanalah kuil Yahudi kuno pertama dan kedua pernah berdiri.

Beberapa orang Yahudi Ortodoks menari dalam lingkaran sambil meneriakkan "Bangun kembali bait suci!" Seorang polisi anti huru-hara, yang mengenakan kippah terlihat menari dengan beberapa peserta aksi.

Sementara mereka yang memasuki kompleks tersebut telah diinstruksikan untuk tidak membawa bendera mereka ke dalam atau melakukan apa pun yang dapat memicu kekerasan, seorang pria menyelinap ke dalam kerumunan dengan mengenakan kemeja provokatif, dengan gambar Masjid Al-Aqsa dihancurkan oleh kepalan tangan di samping tangan yang memegang kuil Yahudi yang baru. (Aljazeera/Fer/Z-7)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat