visitaaponce.com

Rusia Pindahkan Kapal Selam Nuklir Baru ke Pasifik

Rusia Pindahkan Kapal Selam Nuklir Baru ke Pasifik
Salah satu lokasi sumber daya nuklir Rusia di Provinsi Mersin.(AFP)

RUSIA berencana untuk memindahkan kapal selam nuklir terbarunya ke pangkalan permanen di Semenanjung Kamchatka pada Agustus mendatang. Mengingat Semenanjung Kamchatka yang lokasinya tak jauh dari Samudra Pasifik, pemindahan itu menandakan langkah otoritas Moskow untuk meningkatkan kehadiran militernya di Pasifik.

Kantor berita TASS yang dikelola pemerintah Rusia, melaporkan Generalissimo Suvorov, yang mulai beroperasi pada akhir 2022, membawa hingga 16 rudal balistik antarbenua Bulava Rusia berujung nuklir, yang masing-masing dapat membawa lebih dari satu hulu ledak nuklir.

"Kapal selam Generalissimo Suvorov akan melakukan transisi antar-angkatan laut dari Armada Utara (di Kutub Utara) ke Armada Pasifik pada Agustus mendatang," kata TASS, mengutip sumber yang dekat dengan departemen militer, Rabu, (24/5).

Baca juga: Pesawat Nirawak Ditembak Jatuh di atas Belgorod Rusia

"Transisi ini akan dilakukan di sepanjang Rute Laut Utara, termasuk dalam posisi terendam,” sebutnya.

Rusia telah meningkatkan pertahanan di wilayah timur jauhnya yang berbatasan dengan Asia-Pasifik, sehingga meningkatkan kekhawatiran keamanan di Jepang dan di seluruh wilayah. Kondisi ini juga menambah kekhawatiran atas meningkatnya kekuatan militer Tiongkok. Amerika Serikat juga telah meningkatkan kehadirannya di wilayah ini, bahkan telah menandatangani pakta keamanan dengan Papua Nugini.

Generalissimo Suvorov merupakan salah satu dari beberapa kapal baru yang ditugaskan oleh Presiden Rusia Vladimir Putin pada akhir tahun lalu. Dia berjanji untuk lebih memperkuat angkatan laut negara tersebut.

Baca juga: AS Desak Rusia Rilis Data Hulu Ledak Nuklir

“Kapal ini dimaksudkan untuk memperkuat armada bertenaga nuklir di pangkalan kapal selam Rybachiy di Semenanjung Kamchatka,” lapor kantor-kantor berita Rusia.

"Kami akan meningkatkan kecepatan dan volume pembangunan berbagai kapal, melengkapi mereka dengan senjata paling modern," kata Putin saat itu.

"Secara keseluruhan, semuanya untuk memastikan keamanan Rusia dengan andal, perlindungan kepentingan nasional kita di lautan dunia," tambahnya.

Kapal selam itu adalah kapal keenam dari kapal selam kelas Borei Rusia yang lebih kecil dan lebih tersembunyi. Mereka akan menggantikan kapal selam rudal balistik generasi sebelumnya di negara itu.

(aljazeera/Z-9)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putri Rosmalia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat