visitaaponce.com

Serangan Israel Sasar Pasukan Hizbullah di Suriah, Lima Terluka

Serangan Israel Sasar Pasukan Hizbullah di Suriah, Lima Terluka
Seorang petani memerah susu kerbau di kota al-Qahtaniya di provinsi Hasakah timur laut yang dikuasai Kurdi, Suriah, pada 28 Mei 2023.(AFP/Delil Souleiman.)

SERANGAN udara Israel menghantam wilayah Damaskus, Suriah, Minggu (28/5) malam. Pemantau perang melaporkan lima orang terluka dalam serangan di situs pertahanan udara yang menampung pejuang Hizbullah.

"Sekitar pukul 23.45 (waktu setempat), musuh Israel melakukan serangan udara," kata Kementerian Pertahanan Suriah.
Serangan itu menargetkan posisi tertentu di sekitar Damaskus, tetapi pertahanan antipesawat mulai beraksi dan menjatuhkan beberapa rudal.

Observatorium Suriah untuk Hak Asasi Manusia mengatakan situs pertahanan udara pemerintah di dekat Damaskus menjadi sasaran serangan Israel. Tempat itu menampung para pejuang dari kelompok Hizbullah yang didukung Iran.

Baca juga: Agresi Israel Targetkan Damaskus Suriah

Satu lokasi itu berada di utara ibu kota berjarak sekitar 10 kilometer (enam mil) dari perbatasan Libanon. Pemantau perang itu melaporkan lima orang terluka.

"Situs lain antara bandara dan daerah Sayyida Zeinab di tenggara ibu kota tempat pasukan yang didukung Iran hadir juga menjadi sasaran," tambah pemantau perang yang berbasis di Inggris yang memiliki jaringan sumber luas di Suriah.

Baca juga: Serangan Israel di Suriah Tewaskan Tujuh Orang, Lumpuhkan Bandara Aleppo

Pada akhir Maret, Israel melakukan dua putaran serangan udara di dekat Damaskus dalam waktu kurang dari 24 jam. Di awal April, serangan lebih lanjut menargetkan titik-titik di selatan negara itu dan di sekitar Damaskus, lapor media pemerintah dan Observatorium.

Serangan udara Israel di wilayah bandara Aleppo Suriah di utara negara itu awal bulan ini menyebabkan sembilan orang tewas, kata Observatorium, mengutip jumlah korban yang direvisi untuk insiden itu yang membuat fasilitas itu tidak berfungsi. Sejak dimulainya perang di Suriah pada 2011, Israel telah melakukan ratusan serangan udara terhadap posisi rezim serta pasukan Hizbullah dari Iran dan Libanon, sekutu Damaskus dan musuh bebuyutan Israel.

Israel jarang mengomentari serangan itu berdasarkan kasus per kasus. Namun, Israel mengakui berusaha mencegah Iran membangun pijakan di depan pintu perbatasan negara itu. (AFP/Z-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat