visitaaponce.com

Korsel Satelit Mata-mata Korut Gagal Terbang

Korsel: Satelit Mata-mata Korut Gagal Terbang
Warge melintas di depan layar yang memberitakan peluncuran satelit mata-mata Korea Utara.(AFP)

Militer Korea Selatan (Korsel) menyebut satelit mata-mata yang diluncurkan Korea Utara (Korut) atuh di Laut Kuning setelah mengalami penerbangan abnormal.

Kepala Staf Gabungan Militer Korsel (JCS) mengatakan mereka mendeteksi peluncuran itu dari Tongchang-ri di pantai barat Korut pada pukul 6.29 waktu setempat. Kemudian, mereka melihat peluncur jatuh ke perairan sekitar 200 kilometer bagian barat Pulau Eocheong di barat daya Korsel. Sebelumnya, Korsel juga mengatakan peluncur satelit itu hilang radar sebelum mencapai ketinggian yang seharusnya.

"Kami ketahui ini dari analisis tambahan, bekerja sama dengan Amerika Serikat," kata JCS.

Baca juga: Korut Luncurkan Satelit Mata-Mata

Sebelumnya, Korea Utara telah memberi tahu Jepang dan Organisasi Maritim Internasional tentang rencana mereka untuk meluncurkan satelit pada kurun antara 31 Mei dan 11 Juni 2023.

Rencana tersbeut pun menuai kritik karena melanggar resolusi Dewan Keamanan PBB yang melarang peluncuran apa pun menggunakan teknologi rudal balistik.

Baca juga: Jepang: Korut akan Luncurkan Satelit Mata-mata dan Rudal Balistik

Segera setelah peluncuran, Presiden Yoon Suk Yeol menyerukan pertemuan keamanan untuk mendiskusikan hal tersebut.

Adapun, Wakil Ketua Komisi Militer Pusat Korea Utara Ri Pyong-chol menyebut langkah peluncuran satelit sangat diperlukan guna mengatasi aksi militer berbahaya dari AS dan Korsel.

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Andhika

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat