visitaaponce.com

Paus Fransiskus Pulang dari Rumah Sakit Pasca Operasi Hernia

Paus Fransiskus Pulang dari Rumah Sakit Pasca Operasi Hernia
Paus Fransiskus(AFP)

PEMIMPIN umat Katolik Paus Fransiskus meninggalkan rumah sakit setelah menjalani operasi hernia, Jumat (16/6). Saat ini, dia tengah menuju ke Vatikan, dengan tetap mendapatkan pengawasan ketat atas kesehatannya.

Fransiskus tersenyum saat meninggalkan rumah sakit Gemelli di Roma pada pukul 08:45 waktu setempat, dengan menggunakan kursi roda. Ia berterima kasih atas dukungan moril para pendukungnya.

Tokoh agama berusia 86 tahun itu telah menderita serangkaian masalah kesehatan sejak pemilihannya pada 2013. Itu mulai dari masalah pinggul, nyeri lutut, dan kenaikan berat badan hingga usus besar yang meradang dan infeksi pernapasan.

Baca juga : Jalani Operasi, Kesehatan Paus Fransiskus Kini Membaik di Rumah Sakit

Fransiskus asal Argentina itu menjalani operasi tiga jam dengan anestesi umum pada 7 Juni untuk menghilangkan hernia yang menyakitkan di lokasi bekas luka dari operasi sebelumnya. Kali ini adalah perawatan ketiganya di rumah sakit sejak 2021.

Baca juga : Operasi Hernia Paus Fransiskus Berjalan Sukses

Dokter mengatakan, dia terlihat ceria setelah operasi minggu lalu. Ia bahkan bercanda dengan tim medis, dan rumah sakit telah menerbitkan pembaruan rutin sejak saat itu yang merinci pemulihannya yang stabil.

Vatikan membatalkan audiensi kepausan hingga 18 Juni untuk memberinya waktu untuk pulih. Tetapi Fransiskus dengan cepat mulai bekerja lagi dari suite-nya di rumah sakit Gemelli Roma, yang merupakan pilihan favorit para paus hingga dijuluki Vatikan III oleh Yohanes Paulus II.

Dia menyindir bahwa Vatikan nomor satu adalah Lapangan Santo Petrus, Vatikan nomor dua adalah kediaman musim panas kepausan Castel Gandolfo, dan Gemelli nomor tiga.

Dokter mengatakan, Paus Fransiskus bisa pulang pada Jumat pagi. "Paus menghabiskan hari terakhirnya berkeliling di kursi roda dan berterima kasih kepada para dokter dan perawat yang merawatnya," kata dokter yang merawatnya.

Dia juga mengunjungi anak-anak di departemen onkologi anak dan bedah saraf anak, beberapa diantaranya telah mengiriminya surat dan gambar yang berharap dia cepat sembuh.

Semua mata akan tertuju padanya dalam mengatur jadwal kegiatannya usai dirawat. Agendanya sangat sibuk selama beberapa bulan mendatang, dengan perjalanan ke Portugal dan Mongolia pada Agustus nanti.

Acara kunjungannya ke Portugal dari tanggal 2 hingga 6 Agustus untuk Hari Pemuda Sedunia di Lisbon dikemas dengan sekitar 20 pertemuan dan sejumlah acara.

Pemimpin dari 1,2 miliar umat Katolik ini, secara teratur terpaksa mengurangi jadwalnya karena masalah kesehatan. Pada Juli 2021, dia menjalani operasi di Gemelli untuk sejenis divertikulitis, radang tonjolan kecil atau kantong yang bisa berkembang di lapisan usus.

Paus Fransiskus juga dirawat di rumah sakit selama tiga malam pada Maret lalu karena infeksi pernafasan.

Dalam beberapa bulan terakhir, desas-desus tentang kemungkinan pengunduran dirinya semakin meningkat. Dia telah berulang kali mengatakan akan mempertimbangkan untuk mundur jika kesehatannya mengecewakan, mengikuti teladan pendahulunya, Benediktus XVI. (AFP/Z-8)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putra Ananda

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat