visitaaponce.com

Jalani Operasi, Kesehatan Paus Fransiskus Kini Membaik di Rumah Sakit

Jalani Operasi, Kesehatan Paus Fransiskus Kini Membaik di Rumah Sakit
Paus Fransiskus menandatangani Berkat Damai untuk Bangsa Indonesia.(AFP)

PAUS Fransiskus, 86, menghabiskan malam pertama yang baik di rumah sakit setelah menjalani operasi selama tiga jam di sebuah rumah sakit di Roma. Dia menjalani memperbaiki hernia yang menyakitkan

"Malam itu berjalan dengan baik," kata Vatikan, Kamis (8/6) dalam sebuah pernyataan singkat, dan menambahkan bahwa rincian lebih lanjut akan diberikan kemudian.

Paus asal Argentina itu dikatakan masih sadar dan bercanda dengan tim medisnya pada Rabu setelah operasi perut di rumah sakit Gemelli.

Baca juga: Operasi Hernia Paus Fransiskus Berjalan Sukses

Sebelumnya Paus telah menjalani operasi usus besar pada 2021, “Menderita hernia insisional di lokasi bekas luka dari operasi sebelumnya,” kata dokter Sergio Alfieri kepada wartawan, Rabu.

Dia ditempatkan di bawah anestesi umum dan dinding perutnya diperbaiki dengan jaring bedah.

Baca juga: Paus Fransiskus akan Jalani Operasi Hernia di Roma

Semua audiensi kepausan telah dibatalkan hingga 18 Juni untuk memberikan waktu bagi Paus untuk pulih.

Vatikan mengatakan bahwa paus akan tinggal di rumah sakit beberapa hari dan dokter Alfieri, yang mengoperasinya, tidak mau memberikan keterangan lebih lanjut.

Dia mengatakan operasi semacam ini biasanya membutuhkan waktu rawat inap antara lima hingga tujuh hari, tetapi usia dan penyakit paus pada bulan Maret dapat mempengaruhi waktu pemulihannya.

Fransiskus, yang telah menjadi pemimpin 1,3 miliar umat Katolik di dunia selama satu dekade, telah mengalami masalah kesehatan selama setahun terakhir dan mendapatkan rawat inap di rumah sakit sehingga memicu kekhawatiran serta memicu spekulasi mengenai masa depannya sebagai paus.

Pendahulu Fransiskus, Benediktus XVI, yang meninggal pada bulan Desember dan mengundurkan diri pada tahun 2013 karena kesehatannya menurun.

(AFP/Z-9)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putri Rosmalia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat