visitaaponce.com

Operasi Hernia Diafragmatika Kanan untuk Pasien Bayi di RSUD Tarakan Gunakan Metode VATS

Operasi Hernia Diafragmatika Kanan untuk Pasien Bayi di RSUD Tarakan Gunakan Metode VATS
Operasi hernia.(DOK IST)

RUMAH Sakit Umum Daerah (RSUD) Tarakan Jakarta menangani kasus hernia diafragmatika kanan pada pasien bayi dengan metode VATS (Video Assisted Thoracoscopic Surgery). Cerita ini bermula dari sebuah operasi yang dipimpin oleh dr Leecarlo Millano Sp BA Subsp DA (K) seorang ahli bedah anak dan Wakil Ketua Umum 1 Persatuan Dokter Spesialis Bedah Anak Indonesia (Perban).

Dengan semangat inovasi, Tim Divisi Bedah Anak RSUD Tarakan menggunakan teknologi VATS, sebuah terobosan pembedahan minimal invasif yang memungkinkan para dokter untuk menjelajahi dan memperbaiki kerusakan melalui kamera yang dimasukkan melalui beberapa sayatan kecil. Proses ini bukan hanya memastikan waktu pemulihan yang lebih singkat, tetapi juga mengurangi risiko komplikasi pasca operasi secara signifikan.

"Kami sangat bangga dengan kesuksesan operasi ini. Metode VATS memberikan hasil yang memuaskan dan mengurangi trauma pada pasien," kata Leecarlo Millano, melalui keterangannya, Rabu (20/12).

Baca juga: Kenali Penyakit Hernia atau Turun Berok dan Cara Pencegahannya

Leecarlo menjelaskan hernia diafragmatika merupakan kondisi langka yang menuntut tindakan cepat dan tepat. Keberhasilan RSUD Tarakan tidak hanya mengatasi tantangan medis kompleks, tetapi juga memastikan pemulihan yang optimal bagi pasien. 

Lebih lanjut, Leecarlo menuturkan dirinya mendapatkan Direktur RSUD Tarakan Dian Ekowati, MARS, Wakil Direktur Pelayanan Medis Weningtyas Purnomorini, MARS dan Wakil Direktur Administrasi Umum dan Keuangan Iwan Kurniawan yang juga berperan penting dalam keberhasilan tindakan tersebut.

Baca juga: Mencegah Hernia Kambuh Lagi

Komitmen RSUD Tarakan untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan tercermin dalam adopsi teknologi dan metode terbaru, salah satunya dalam bidang bedah anak. Cerita keberhasilan ini menjadi inspirasi bagi dunia medis dan masyarakat umum, menegaskan bahwa dengan semangat inovasi, kita dapat mengatasi bahkan tantangan medis yang dirasa sulit sekalipun. (Z-6)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Budi Ernanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat