visitaaponce.com

UEA Nyatakan Dukungan untuk Putin

UEA Nyatakan Dukungan untuk Putin
Presiden Rusia Vladimir Putin menghadiri rapat kabinet di Kremlin.(AFP/MIKHAIL TERESHCHENKO)

PRESIDEN Rusia Vladimir Putin mendapatkan dukungan penuh dari Presiden Uni Emirat Arab (UEA) Sheikh Mohammed bin Zayed al-Nahayan. Dukungan itu datang setelah dia mendengar langsung rencana pemberontakan tentara bayaran, Grup Wagner, yang berhasil digagalkan.

"Setelah menerima informasi yang komprehensif, pemimpin UEA ini menyatakan dukungan penuh atas tindakan kepemimpinan Rusia," kata Kremlin.

Putin menyampaikan pidato pertama sejak insiden itu terjadi pada Jumat (24/6). Dia berterima kasih kepada Rusia atas persatuan mereka setelah pemberontakan Wagner selama akhir pekan dibatalkan kurang dari 24 jam setelah dimulai.

Baca juga: Putin dan Wagner Damai, Moskow Cabut Darurat Keamanan

Dalam penampilan pertamanya sejak pemberontakan berakhir, Putin juga berterima kasih kepada sebagian besar tentara Wagner karena tidak membiarkan situasi memburuk menjadi pertumpahan darah.

Putin mengatakan semua tindakan yang diperlukan telah diambil untuk melindungi negara dan rakyat dari pemberontakan. "Sejak awal peristiwa, atas perintah saya, langkah-langkah diambil untuk menghindari pertumpahan darah besar-besaran," kata Putin.

Baca juga: Penduduk Moskow tak Terganggu Serangan Wagner

"Justru pembunuhan antarsaudara diinginkan musuh Rusia, baik oleh Neo-Nazi di Kyiv dan negara-negara Barat, dan segala macam pengkhianat nasional. Mereka ingin tentara Rusia saling membunuh," katanya.

Dia juga berterima kasih kepada pejabat tinggi keamanan atas kerja kerasnya selama menggagalkan pemberontakan Grup Wagner. Menteri Pertahanan Sergei Shoigu, seperti diketahui merupakan target utama pemberontakan ini.

"Saya mengumpulkan Anda untuk berterima kasih atas pekerjaan yang telah dilakukan," kata Putin kepada para pejabat kementerian pertahanan Rusia. (AFP/Z-6)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Budi Ernanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat