visitaaponce.com

Putin dan Wagner Damai, Moskow Cabut Darurat Keamanan

Putin dan Wagner Damai, Moskow Cabut Darurat Keamanan
Warga Rusia tetap beraktivitas di tengah serangan Grup Wagner.(AFP)

IBU Kota Rusia, Moskow, telah mencabut darurat keamanan anti-teroris pada pada Senin (26/6), yang diberlakukan pada akhir pekan lalu. Ketentuan itu diberlakukan ketika tentara bayaran Grup Wagner yang memberontak dan mengancam akan menyerbu jantung Rusia.

Wali Kota Moskow Sergei Sobyanin mengumumkan keputusan tersebut di akun Telegramnya. Sobyani pun berterima kasih kepada warga Moskow atas ketenangan dan pengertian penduduk selama ketentuan tersebut berlaku.

Pada Sabtu (24/6), pasukan Grup Wagner yang dipimpin oleh Yevgeny Prigozhin menguasai Kota Rostov-on-Don. Kota itu jaraknya mencapai sekitar seribu kilometer dari Moskow. Grup Wagner kemudian dikabarkan telah melumpuhkan tiga helikopter dan komunikasi militer Rusia.

Baca juga: Penduduk Moskow tak Terganggu Serangan Wagner

Mereka mengincar Kementerian Pertahanan Rusia. Prigozhin berulang kali menyalahkan Menteri Pertahanan dan Kepala Staf Umum, Sergei Shoigu dan Valery Gerasimov atas kematian para pejuangnya.

Dia mengungkapkan bahwa tindakannya di Moskow merupakan pawai yang dimaksudkan untuk menyingkirkan pemimpin Kementerian Pertahanan Rusia. Dia menyalahkan kepemimpinan militer Rusia karena telah menggagalkan perang di Ukraina.

Baca juga: Prigozhin-Putin Berdamai, WNI Masih Diminta Berhati-hati

Prigozhin terakhir terlihat Sabtu (24/6) malam, di sebuah SUV meninggalkan Rostov-on-Don, tempat para pejuangnya merebut markas militer menuju Belarusia. Dia menyepakati perjanjian untuk membatalkan serangan ke markas militer Rusia di Moskow dengan hadiah dibebaskan dari sanksi makar.

(AFP/Z-9)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putri Rosmalia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat