visitaaponce.com

Netanyahu Diundang ke Turki Akhir Juli

Netanyahu Diundang ke Turki Akhir Juli
Erdogan akan bertemu PM Israel Benjamin Netanyahu, selang beberapa hari setelah bertemu Presiden Palestina Mahmoud Abbas.(AFP)

PERDANA Menteri Israel, Benjamin Netanyahu, dijadwalkan akan berkunjung ke Turki pada tanggal 28 Juli untuk bertemu dengan Presiden Recep Tayyip Erdogan. Pertemuan itu hanya selang beberapa hari setelah kunjungan pemimpin Palestina, Mahmoud Abbas, seperti yang diumumkan oleh kantor kepresidenan, Kamis (20/7).

"Presiden Recep Tayyip Erdogan akan menyambut Presiden Palestina Mahmoud Abbas dan Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu di Turki dalam kurun waktu yang sama," demikian pernyataan yang dikeluarkan pada Kamis malam.

Mahmoud Abbas dijadwalkan tiba di Turki pada Selasa (18/7). Sedangkan Netanyahu akan datang tiga hari setelahnya, demikian pernyataan tersebut.

Baca juga: Israel Bebaskan Visa bagi Warga AS, Ada Apa?

Kantor Netanyahu mengonfirmasi kunjungan ini, yang merupakan kunjungan pertama seorang Perdana Menteri Israel ke Turki sejak 2008. Pertemuan tersebut akan membahas hubungan Turki-Palestina dan perkembangan terbaru dalam konflik Israel-Palestina, serta isu-isu internasional lainnya, tambah pernyataan tersebut.

Setelah beberapa tahun ketegangan antara kedua negara, hubungan antara Turki dan Israel telah membaik selama setahun terakhir, dengan beberapa kunjungan tingkat tinggi, termasuk kunjungan Presiden Israel, Isaac Herzog.

Baca juga: Sikapi Pidato Presiden Israel, Kongres AS Terbelah

Namun, pada April, Turki mengutuk bentrokan yang terjadi di dalam Masjid Al-Aqsa, di mana polisi Israel bentrok dengan warga Palestina di situs suci di Yerusalem.

Erdogan menyatakan bahwa Israel telah melampaui "garis merah". (AFP/Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat