visitaaponce.com

PM Kamboja Hun Sen Pensiun setelah Empat Dekade Berkuasa

PM Kamboja Hun Sen Pensiun setelah Empat Dekade Berkuasa
PM Kamboja Hun Sen menghadiri EU-ASEAN summit di Belgia, Desember 2022.(AFP/KENZO TRIBOUILLARD)

PERDANA Menteri Kamboja Hun Sen mengisyaratkan dirinya akan mundur dari jabatannya pada Juli 2023.

Hun Sen, salah satu pemimpin terlama di dunia, mengatakan pada Rabu (26/7) bahwa ia akan mengundurkan diri dan menyerahkan kekuasaan kepada putra sulungnya setelah hampir empat dekade berkuasa secara garis keras.

Namun pria berusia 70 tahun itu tidak memberikan waktu pasti kapan dinastinya akan melangsungkan suksesi. Hun Sen justru memberi isyarat akan terus menggunakan pengaruhnya di pemerintahan. Bahkan setelah pensiun.

Baca juga : Pemilu Kamboja Tuai Pujian

Mantan kader Khmer Merah ini telah menjalankan kerajaan sejak tahun 1985, dia menyingkirkan semua oposisi terhadap kekuasaannya.

Bahkan partai-partai oposisi dilarang, para penentang dipaksa untuk melarikan diri dan kebebasan berekspresi dikekang.

Baca juga : Jenna Norodom, Cucu Raja Kamboja Segera Debut Idol Kpop

Partai Rakyat Kamboja (CPP) yang dipimpinnya menang telak dalam pemilihan umum pada hari Minggu tanpa perlawanan berarti, mereka meraih 82 persen suara, membuka jalan bagi suksesi dinasti untuk putra sulungnya. Namun beberapa kritikus mereka dibandingkan dengan Pemimpin Korea Utara.

"Saya ingin meminta pengertian dari rakyat saat saya mengumumkan bahwa saya tidak akan melanjutkan jabatan sebagai perdana menteri," ujar Hun Sen dalam sebuah siaran khusus di televisi pemerintah.

Otoritas pemilu mendiskualifikasi satu-satunya penantang serius, Partai Cahaya Terang, karena masalah teknis sebelum pemilu, dan CPP diperkirakan akan memenangkan semua kursi kecuali lima kursi di majelis rendah.

Pemerintah mengapresiasi 84,6 persen pemilih sebagai bukti kedewasaan demokrasi negara tersebut. Tetapi negara-negara Barat termasuk Amerika Serikat dan Uni Eropa mengutuk jajak pendapat tersebut sebagai tidak bebas dan tidak adil. (AFP/Z-4)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Zubaedah Hanum

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat